Dark
Light

Tak Dapat Jatah Windows 10, Microsoft Hentikan Dukungan Windows RT?

1 min read
March 19, 2015

Windows RT adalah salah satu versi dari sistem operasi Windows 8. Namun dalam presentasi yang disampaikan oleh Microsoft dalam event WinHEC di Shenzhen, Tiongkok, baru-baru ini terungkap bahwa Windows RT tidak akan memperoleh update Windows 10.

Absennya update Windows 10 untuk Windows RT sekali lagi mengkonfirmasi bahwa dukungan sistem operasi untuk tablet murah itu sudah dihentikan.

Seperti terlihat dalam gambar di bawah ini, hampir seluruh sistem operasi mendapatkan update Windows 10. Windows 7 dan 8 dipastikan dapat, begitu juga Windows 8.1. Tetapi tidak dengan Windows RT, yang rancangannya diperuntukkan khusus buat tablet yang ditenagai oleh prosesor berbasis ARM seperti buatan Qualcomm tersebut.

windows-10-upgrade-roadmap-640x374

Hal ini tidak sejalan dengan pernyataan Microsoft di bulan Januari yang mengkonfirmasi adanya dukungan update Windows 10 untuk sistem operasi tersebut, walaupun bukan versi penuhnya. Slide di atas membuktikan kebenaran spekulasi yang dipikirkan oleh banyak orang sejak beberapa waktu lalu.

Info Menarik: Ini Tablet Anyar dari BlackBerry

Kegagalan Windows RT memang tidak dikemukakan ke publik secara gamblang. Spekulasi pun bermunculan, dikatakan bahwa petaka Windows RT disebabkan oleh kesalahan Microsoft sendiri yang terlalu banyak membuat versi baru namun tidak melakukan komunikasi dengan baik kepada penggunanya. Sehingga menimbulkan kebingungan.

Windows RT adalah sistem operasi Windows, tapi tidak sepenuhnya Windows. Tidak banyak yang tahu soal aplikasi apa saja yang bisa atau tidak bisa dipasang di Windows RT. Orang hanya tahu itu versi Windows yang ditujukan untuk tablet dengan harga miring. Di sisi lain prosesor Intel gagal memberikan tingkat efisiensi baterai yang baik sehingga kalah saing dengan tablet Android dan iOS.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header Meremobil.

Previous Story

All-New Hercules Ialah Visi Xenom Akan ‘Desktop Gaming’ Masa Depan

Next Story

[Rumor] Warner Bros Siapkan Connected Toys Lego untuk Saingi Skylanders dan Disney Infinity

Latest from Blog

Don't Miss

Dampak AI Pada Transformasi Bisnis di Indonesia: TELKOM, BUMA, dan DANA Berbagi Pengalaman

Sadar akan potensi besar yang ada pada teknologi AI ini,

Bangun Infrastruktur Cloud dan AI di Indonesia, Microsoft Siapkan Dana Investasi 27 Triliun

30 April 2024 menjadi hari yang cukup bersejarah bagi perkembangan