24 August 2015

by Yoga Wisesa

Talon Ialah Controller Game Berwujud 'Cincin Pintar'

Demi menghidupkan imajinasi, produsen terus berupaya menciptakan inovasi dalam rancangan aksesori game. Hal terunik di sini ialah, meski sejumlah controller motion telah banyak tersedia, desain klasik semisal keyboard/mouse serta gamepad masih jadi andalan. Tapi pernahkan Anda bayangkan bagaimana jadinya jika permainan dikendalikan dengan perangkat berbentuk cincin?

Pernah bergabung bersama Gameloft dalam menggarap seri Asphalt dan Dungeon Hunter, desainer Juan Gao dan tim barunya di Titanium Falcon kini fokus pada Talon. Talon merupakan aksesori kendali yang dapat Anda kenakan di jari layaknya cincin, memberikan kita kemampuan mengontrol karakter, mengemudikan kendaraan virtual, hingga menembakkan senjata. Tak hanya dirancang sebagai alternatif berukuran mungil, developer juga berusaha menjajakannya di harga terbaik.

Talon memang bukanlah satu-satunya produk smart ring di pasar, tapi ia adalah periferal kendali pertama yang dispesialisasi ke gaming. Aksesori 'touchless' tersebut dibuat untuk melingkari jari pengguna, dengan ketebalan kurang dari 3,8 milimeter, memiliki modul mendatar tempat menyimpan komponen-komponen internal. Talon bertugas menterjemahkan gerakan jari Anda jadi data input, serta dilengkapi dua buah tombol action terdedikasi.

Info menarik: Oura Ring, Cincin Menawan yang Bisa Memonitor Kualitas Tidur dan Aktivitas Fisik

Hebatnya, fungsi Talon tak terbatas di gaming saja. Ia bisa tersambung ke sejumlah perangkat pintar seperti smartphone, tablet, smart TV, PC Windows, Mac sampai head-mounted display VR. Contohnya, Talon dapat menggonta-ganti channel televisi, menavigasi koleksi musik di smartphone, sampai men-switch slide presentasi. Buat pengembangan ekosistemnya sendiri, Titanium Falcon menyiapkan SDK open source.

"Untuk sekarang, buat menikmati permainan-permainan motion-controller, konsumen harus membeli perangkat mahal. Boleh jadi TV, Xbox atau Kinect," tutur CEO Gou Juan lewat press release. "Kami percaya dengan konsep touchless, smart ring Talon akan mengubah cara pengguna bermain game selamanya."

Talon dibekali CPU 32-bit, sensor pembaca gerakan dengan sembilan poros (termasuk acceleromater,gyroscope dan kompas), dipadu Noise Reduction Technology dan Bluetooth low energy. Dikemas dalam penyajian simpel namun komprehensif, Talon memungkinkan khalayak bermain video game secara instan, on-the-go, kapanpun dan di manapun. Bayangkan betapa praktisnya mengakses permainan atau app saat Anda memasak, berlari atau berkendara dalam bus.

Untuk sekarang, Talon masih berada di tahap pengembangan dan belum siap dipesan. Walau demikian, Titanium Falcon memperkirakan harganya akan dibanderol kurang dari US$ 100.

Via Polygon. Sumber: PR Newswire.