Tempow Garap Teknologi untuk Menghubungkan 6 Speaker Bluetooth Menjadi Sistem Surround

Tempow Garap Teknologi untuk Menghubungkan 6 Speaker Bluetooth Menjadi Sistem Surround

Sayang instalasinya tidak semudah mengunduh aplikasi dari app store, tapi harus menunggu kerja sama langsung antara Tempow dan produsen perangkat
Ilustrasi pengaturan Tempow Audio Profile pada TV yang tersambung ke beberapa speaker Bluetooth sekaligus / Tempow
Ilustrasi pengaturan Tempow Audio Profile pada TV yang tersambung ke beberapa speaker Bluetooth sekaligus / Tempow

Belakangan ini mulai banyak speaker nirkabel yang menawarkan fitur stereo pairing, di mana pengguna dapat menyambungkan dua speaker yang sama sehingga yang dihasilkan adalah suara stereo. Oke, lalu bagaimana dengan surround? Bisakah kita menghubungkan enam speaker hingga membentuk konfigurasi surround 5.1?

Bisa, bahkan speaker-nya pun boleh berbeda, baik beda model maupun beda merek. Kedengarannya seperti sihir, tapi seperti inilah fungsi dari teknologi yang dikembangkan oleh startup asal Paris bernama Tempow. Buah kecerdasan mereka sudah bisa dinikmati oleh para pengguna Moto X4, di mana ponsel tersebut dapat disambungkan ke empat perangkat Bluetooth sekaligus.

Sebagai langkah selanjutnya, Tempow berniat membawa teknologinya ke ranah TV dan set-top box. Di sini TV tak hanya sekadar bisa disambungkan ke beberapa speaker Bluetooth sekaligus, akan tetapi deretan speaker tersebut juga bisa dioperasikan dalam konfigurasi surround 5.1 ala set home theater.

Jadi semisal kita punya 6 speaker Bluetooth, kita dapat memilih salah satu yang bass-nya terasa paling boomy untuk dioperasikan layaknya subwoofer, lalu sisanya diposisikan mengelilingi ruangan. Yang mencengangkan, semua ini berlangsung via protokol Bluetooth dan tanpa mengandalkan kompresi lebih lanjut terhadap audio yang diputar.

Satu hal yang berpotensi menjadi kendala adalah, menghadirkan teknologi yang disebut dengan istilah Tempow Audio Profile (TAP) ini tidak semudah mengunduh aplikasi dari Play Store begitu saja. Instalasi TAP harus berlangsung di level mendasar suatu sistem operasi, yang berarti Tempow harus bekerja sama langsung dengan produsen perangkat yang bersangkutan.

Menjelang akhir tahun nanti, Tempow bilang bahwa teknologinya dapat dinikmati melalui dua smartphone baru. Untuk TV, Tempow masih dalam tahap diskusi bersama sejumlah pabrikan.

Sumber: Engadget.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…