1. Lifestyle

Terminal Baru Untuk Ubuntu Linux Siap Hadir, Ini Videonya

Distro Linux Ubuntu merupakan salah satu distro Linux yang cukup populer saat ini. Canonical sebagai pengembang distro Linux Ubuntu yang dinahkodai oleh Mark Shuttleworth itu kini tengah menyiapkan versi baru dari aplikasi Terminal.

Hey, bukankah aplikasi Terminal merupakan aplikasi yang telah lama ada di Linux dan sistem operasi berbasis Unix lainnya? Ya itu memang benar, namun kini pihak pengembang Ubuntu tengah menyiapkan aplikasi Terminal baru yang mereka berinama sebagai 'Ubuntu Terminal Reboot'. Lantas apa bedanya?

Ubuntu Terminal Reboot sejatinya merupakan aplikasi Terminal yang sama dengan aplikasi Terminal lain pada umumnya, namun sedikit berbeda dengan aplikasi Terminal yang telah ada sebelumnya, versi ini akan memiliki fitur dan kemampuan baru.

Pengguna nantinya akan bisa membuka beberapa buah terminal dalam satu jendela, pengguna bisa menutup dan membuka Terminal baru tanpa dalam satu buah jendela aplikasi yang terbuka. Pengguna juga akan bisa dengan mudah membuka dan menelusuri aplikasi Terminal dan mengelolanya dari satu jendela dibanding membukanya dari masing-masing jendela yang berbeda.

 

Info menarik: Aplikasi Windows Phone Pilihan 22 – 27 Desember 2014

 

Menurut informasi yang kami kutip dari situs Softpedia, aplikasi Terminal versi baru ini masih tengah dikembangkan oleh para pengembang Ubuntu. Aplikasi Ubuntu Terminal Reboot didasarkan pada lingkungan Unity 8 yang juga menjadi dasar dari platform Ubuntu Touch untuk perangkat mobile. Dengan beberapa modifikasi dan disain ulang, akhirnya para pengembang di Ubuntu dapat mengimplementasikan fungsi dan fitur ini pada lingkungan desktop.

Walaupun aplikasi Ubuntu Terminal Reboot ini belum dirilis secara resmi untuk publik, salah seorang pengguna Google+ bernama Popescu Sorin telah mempublikasikan video yang memperlihatkan bagaimana aplikasi Terminal versi baru ini bekerja.

Dari video di bawah ini kita dapat melihat bagaimana aplikasi Terminal yang telah lama hadir dalam beberapa dekade kini memiliki tampilan yang lebih segar dan fitur yang menarik.

https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=YyCVQ9DwEiY

Sumber dan Gambar Header: Softpedia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again