Akan lebih bijaksana jika kita tidak buru-buru meminang Nintendo Switch. Di masa perilisannya ini, jumlah game-nya belum banyak, dan dari pengalaman hands-on, reviewer masih menemui sejumlah kendala teknis. Namun wajar jika godaan membeli Switch sulit ditahan. Pasalnya, salah satu game andalan Nintendo berhasil jadi permainan dengan skor rata-rata tertinggi sepanjang masa: The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Klaim ini tidak berlebihan, bisa Anda lihat sendiri dengan mengunjungi platform-platform agregat skor seperti OpenCritic dan Metacritic. Di kedua situs tersebut, Breath of the Wild memperoleh angka yang sangat tinggi, kemungkinan sulit disusul oleh judul-judul lain, baik blockbuster maupun indie. Game action-adventure ke-19 di seri Zelda itu mengamankan angka 98 dari 100.

Saat artikel ini ditulis, 90 ialah skor ‘paling rendah’ yang diperoleh Breath of the Wild. Alice Bell dari Video Gamer, salah satu reviewer yang memberikan nilai 90, memuji tiga faktor di permainan: game menyajikan pengalaman epik nan heroik, dunianya sangat hidup serta indah tapi tidak dipadati oleh hal-hal tak bermakna, lalu elemen survival di sana memberikan kesan bahwa Anda betul-betul sedang berpetualang.

PC Mag juga memberikan nilai serupa Video Gamer, yakni 4,5 dari 5 bintang. Di ulasannya, Will Greenwald menyampaikan bahwa Breath of the Wild merupakan permainan Zelda terbesar dan paling mengagumkan. Pengulas mengacungkan jempol pada luasnya dunia permainan – kontennya sangat beragam dan sangat menarik untuk dijelajahi. Anda bisa mengerjakan banyak aktivitas dan disuguhkan bermacam-macam puzzle berkualitas.

Menyodorkan skor sempurna, menurut DualShockers, Breath of the Wild bukanlah game Zelda biasa. Karya digital ini menunjukkan kecakapan Nintendo dalam menangani IP kebanggaan mereka. Apakah Breath of the Wild merupakan game terbaik di franchise itu? Mungkin tidak, tetapi ia tak kesulitan menyaingi launch title legendaris lain seperti Super Mario 64 atau Halo: Combat Evolved. Breath of the Wild adalah sebuah mahakarya.

Senada dengan DualShockers, Destructoid setuju bahwa The Legend of Zelda: Breath of the Wild bukanlah upaya murahan developer buat mencetak uang. Konten permainan merupakan sebuah hasil percampuran dari filosofi gaming yang dianut developer Barat dan Timur, dituangkan dalam ‘cetak biru’ baru. Masalah-masalah kecil seperti minimnya elemen stealth dan kendala frame rate tidak mengurangi mutu game.

Bagi Polygon, Breath of the Wild merepresentasikan keberanian Nintendo untuk mengubah struktur Zelda yang sudah lama jadi andalannya. Kini sang developer betul-betul menghormati para gamer karena memperlakukan mereka sebagai individu-individu yang cerdas. Tapi di tengah perubahan besar tersebut, Breath of the Wild tetap terasa seperti permainan Zelda sejati. Dan kesan itu tetap tidak hilang setelah franchise ini diperkenalkan puluhan tahun lalu.

DualShockers dan Polygon juga sama-sama memberikan The Legend of Zelda: Breath of the Wild skor 10 dari 10.