Tingkat Adopsi iOS 8 Mencapai 87%

Bulan September sudah tiba dan biasanya bulan ini menjadi bulan spesial bagi para Apple fanboy dan fangirl.

Seperti yang sudah-sudah setiap tahunnya, pada bulan September Apple akan mengeluarkan iPhone terbarunya, dan untuk tahun ini, Apple akan mengadakan event pada hari Rabu 9, September mendatang.

Selain iPhone baru, para pengguna iOS juga sedang bersiap-siap untuk diganjar update iOS 9. Apple rutin merilis versi iOS terbaru setiap tahunnya. Sebelum beranjak ke iOS 9, iOS 8 yang kini resmi menjadi sistem operasi untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch ternyata sudah terinstal di 87% perangkat iOS aktif. Sisa 12 persen masih berada di iOS 7 seperti yang terlihat dalam halaman Developer Apple.

Info Menarik: Siap-siap, Apple Akan Gelar Event di 9 September!

Untuk mendapatkan data ini, Apple memanfaatkan data yang didapat dari para pengguna yang mengakses App Store,  berarti hanya perangkat iOS yang aktif yang masuk ke dalam perhitungan. Data ini terakhir diperbarui pada 31 Agustus yang lalu.

Sebagai perbandingan, tingkat adopsi sistem operasi Android terbaru Lollipop baik versi 5.0 atau 5.1 hanya mencatatakan 18% dari total perangkat. Jika kita lihat dari halaman Developer Android, Kit-Kat merupakan versi Android yang masih paling banyak digunakan dengan angka 39.3%.

Google yang memiliki sistem operasi Android mengukur angka-angka ini berdasarkan jumlah perangkat yang mengakses Google Play Store. Meski demikian, data yang berhasil dikumpulkan ini bukanlah mewakili keseluruhan perangkat Android. Seperti yang kita tahu, Android adalah sistem operasi yang bersifat open source dan bisa dimodifikasi dan digunakan oleh pabrikan manapun. Karena itu perangkat yang menggunakan Android yang sudah dimodifikasi seperti Fire Tablet milik Amazon dan perangkat yang dijual di Tiongkok, yang memiliki toko aplikasi pihak ketiga, bisa saja tidak masuk perhitungan.

Lebih lagi, banyaknya pabrikan yang mengeluarkan perangkat dengan versi Android-nya sendiri-sendiri bisa jadi satu masalah tersendiri, terutama terkait update perangkat ke versi terbarunya yang menawarkan banyak perbaikan, kestabilan serta peningkatan keamanan. Saya masih penasaran berapa persen nantinya perangkat yang akan mengadopsi Android 6.0 yang akan kita kenal dengan nama Android Marshmallow.

Info Menarik: Unduh Segera 15 Wallpaper Terbaru Dari iOS 9

Tingkat adopsi iOS 8 di angka 87% pada perangkat iOS bikinan Apple bukanlah hal yang mengejutkan. Pasalnya Apple memproduksi sendiri hardware dan software sehingga kontrol terhadap pembaruan sistem operasi lebih dapat dikendalikan.

iOS 9 yang akan bisa dinikmati sebentar lagi, menawarkan banyak perbaikan serta peningkatan stabilitas. Tentunya menarik untuk melihat, apakah adopsi sistem operasi perangkat mobile Apple terbaru ini akan hadir dalam angka yang fantastis atau justru lebih rendah?

Sumber: Apple | Google.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again