Categories

Feature

Tiga Hal Penting dalam Memilih Solusi Backup Data untuk Perusahaan

Perlu melihat kebutuhan biaya, waktu, dan kelengkapan fitur yang dimiliki

Ilham Sanjaya - 15 July 2020

Semakin berkembang suatu perusahaan, semakin meningkat pula kebutuhan pengelolaan data untuk operasional perusahaan tersebut. Di tahap awal, mungkin pengelolaan data perusahaan masih dapat dilakukan secara manual. Namun, bila skala bisnis perusahaan sudah mulai besar dan stabil, dibutuhkan solusi backup data yang efisien dan efektif untuk menghindari human error dan kehilangan data yang dapat menyebabkan kerugian.

Akan tetapi, memilih solusi backup data yang tepat bagi perusahaan tidaklah mudah, butuh kejelian dalam membandingkan fitur, jenis, dan juga biaya yang dikeluarkan dalam penggunaannya. Bila salah memilih, perusahaan justru dapat mengalami kerugian dalam hal pengeluaran biaya dan tenaga tambahan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih solusi backup bagi perusahaan agar biaya dan tenaga yang dikeluarkan dapat lebih efektif dan efisien.

Biaya Lisensi dan Pemeliharaan

Hal utama yang harus diperhatikan dalam melakukan pemilihan solusi backup data adalah apakah solusi yang kita pilih memiliki banyak biaya tambahan di masa depan, salah satunya adalah biaya lisensi dan juga pemeliharaan. Biasanya, platform-platform tersebut menawarkan berbagai opsi dan pilihan biaya sesuai dengan fitur atau hardware yang dibutuhkan. Perusahaan juga harus teliti dalam melihat apakah ke depannya software maupun hardware tersebut membutuhkan biaya pemeliharan atau pembaruan yang cukup tinggi ke depannya.

Selain itu, platform yang dipilih juga harus memiliki tingkat realibilitas yang tinggi. Dengan begitu, biaya pemeliharaan yang dibutuhkan mungkin tidak terlalu tinggi dan tidak harus terlalu sering dilakukan. Platform yang memiliki tingkat realibilitas tinggi juga dapat lebih menjamin keamanan cadangan data yang tersimpan bila suatu saat terjadi kerusakan data atau kegagalan sistem membaca data.

Kebutuhan Waktu dan Tenaga Operasional Tambahan

Selanjutnya, hal yang mungkin harus diperhatikan adalah apakah platform solusi backup data tersebut terautomatisasi dengan baik. Hal ini mungkin akan sulit bila perusahaan memilih solusi backup dengan software dan hardware yang berbeda. Pertama, penggunaan serta penanganannya mengarah ke vendor yang berbeda. Kedua, bila terjadi masalah, waktu yang dibutuhkan akan lebih lama karena koordinasi yang tidak saling terintegrasi. Ketiga, tenaga tambahan mungkin dibutuhkan untuk menyelesaikan problem atau mengoperasikan platform tersebut. Ketiga hal ini harus dihindari agar perusahaan tidak membutuhkan effort tambahan serta waktu yang lama dalam penanganan masalah bila sewaktu-waktu terjadi down. Downtime yang terlalu lama dapat membawa kerugian yang cukup besar bagi perusahaan bila tidak ditangani dengan cepat.

Kelengkapan Fitur yang Didapatkan

Yang terakhir, hal yang mungkin harus diperhatikan perusahaan adalah apa saja fitur yang didapatkan dengan mengeluarkan sejumlah biaya dengan membandingkan masing-masing penyedia solusi backup tersebut. Kelengkapan fitur tersebut terntunya harus disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan perusahaan. Bila menyediakan solusi backup secara terpisah, perusahaan harus mengetahui fitur apa saja yang akan tersedia pada software dan hardware seperti apa yang didapatkan. Salah satu cara mengatasi kebutuhan ini adalah dengan memilih solusi backup data yang memiliki fitur all-in-one. Platform ini biasanya telah memiliki software serta hardware yang terintegrasi. Selain fitur yang didapatkan dapat lebih banyak, solusi backup data dengan fitur all-in-one juga dapat mengatasi masalah tenaga dan waktu tambahan seperti yang dibahas sebelumnya.

Salah satu platform penyedia solusi backup data dengan fitur all-in-one adalah Synology. Melalui fitur-fitur seperti global deduplication dan incremental backup, perusahaan dapat melakukan penghematan ruang penyimpanan serta waktu backup yang lebih cepat. Selain itu, platform dari Synology juga bebas dari biaya lisensi tambahan dan dapat dioperasikan melalui dashboard yang terintegrasi dengan seluruh aktivitas pemrosesan data sehingga perusahaan dapat melakukan pengelolaan data yang terpusat.

Dengan memiliki solusi backup data yang dapat diandalkan dengan baik, perusahaan dapat lebih efektif melakukan pengelolaan data serta terhindar dari kerusakan dan kehilangan data penting yang dapat membawa kerugian besar. Selain itu, ruang penyimpanan cadangan data yang dikelola dengan baik juga dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan lebih banyak data untuk dioperasikan. Sehingga, disisi lain perusahaan juga dapat terus fokus untuk mengembangkan bisnisnya.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Synology

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter