1. Startup

Tokopedia Gandeng GoApotik, Sajikan Produk Kesehatan dan Fitur Penebusan Resep Dokter secara Online

Juga bekerja sama dengan BPOM untuk pengawasan produk terkait

Tokopedia hari ini (21/11) mengumumkan kemitraan strategis dengan startup di bidang kesehatan GoApotik. Kini pengguna bisa mendapatkan produk obat-obatan dan perlengkapan kesehatan dari jaringan GoApotik melalui situs dan aplikasi Tokopedia.

"Kami melihat adanya kebutuhan signifikan dari masyarakat terhadap obat-obatan serta perlengkapan kesehatan di Tokopedia. Menurut data internal, jumlah transaksi pada kategori Kesehatan mengalami kenaikan lebih dari 200 persen dari bulan Juli hingga September 2019," ujar AVP of Business Tokopedia Jessica Stephanie Jap.

Integrasi layanan tersebut juga dilengkapi fitur penebusan resep dokter secara online. Pengguna dapat mengunggah resep melalui fitur Chat Bersama Apoteker. Resep yang diterima akan diperiksa keabsahannya oleh apotek mitra dari GoApotik. Setelah itu, apotek mitra akan membantu menyiapkan obat sesuai resep dan melakukan pengantaran obat bersama mitra logistik Tokopedia ke alamat pembeli.

Head of GoApotik Mohamad Salahuddin menjelaskan GoApotik berperan untuk menghadirkan apotek yang legal dan terverifikasi. Termasuk mendorong peran apoteker untuk dapat melayani tanya jawab pasien mengenai obat-obatan yang dibeli.

Selain itu, Tokopedia juga telah bekerja sama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dalam melakukan pengawasan terhadap peredaran, pengiriman, promosi, serta iklan penjualan obat dan makanan di platformnya.

More Coverage:

"Badan POM terus melakukan pendampingan kepada pelaku usaha demi meningkatkan daya saing produk sekaligus menyediakan akses terhadap obat yang aman, berkhasiat dan bermutu bagi seluruh masyarakat Indonesia," ungkap Kepala BPOM. Penny K. Lukito.

Application Information Will Show Up Here
Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again