1. Startup

Transisi Sektor Healthtech Pasca-Pandemi

Sektor healthtech masih cukup diminati investor dengan 11 kesepakatan pendanaan, termasuk Halodoc ($100 juta) dan Good Doctor ($10 juta)

Kesehatan berbasis teknologi (healthtech) masih menjadi sorotan Startup Report 2023 yang diterbitkan oleh DSInnovate. Meski pandemi telah usai, sektor ini membuktikan masih dapat terus berkembang hingga mulai mengeksplorasi ke bidang baru.

Dari kacamata investor, sektor healthtech masih cukup diminati, terlihat dari adanya 11 kesepakatan pendanaan startup kesehatan dan 3 pendanaan ke startup di bidang genomik. Pendanaan terbesar mengalir ke kantong Halodoc senilai $100 juta (seri D), diikuti Good Doctor senilai $10 juta (seri A), dan FitHub senilai $6,5 juta (pra-seri A). 

Kepercayaan investor terhadap sektor healthtech juga diyakini berkat upaya mereka untuk bertransisi di era pasca-pandemi, mendorong mereka untuk memperluas pendekatan layanannya dari online ke hibrida.

Transisi ini terutama berfokus pada platform telemedis yang adopsinya sempat meroket signifikan saat pandemi. Kini platform telemedis mengombinasikan kanal offline untuk mengakomodasi kebutuhan yang lebih besar. Misalnya, layanan yang membutuhkan interaksi langsung dengan pasien atau pengiriman obat-obatan.

"Tren hibrida sedang berkembang dalam industri teknologi kesehatan. Pendekatan ini memastikan pengalaman yang terpadu bagi pasien sehingga mengurangi kunjungan offline. Selain kenyamanannya, model hibrida juga menawarkan efektivitas biaya, menjadikannya sebagai model yang diantisipasi sebagai tren kesehatan masa depan," ucap Co-Founder & CEO Klinik Pintar Harya Bimo.

Sumber: Startup Report 2023

Layanan digital treatment & care diperkirakan menyumbang pendapatan terbesar dengan $781 juta terhadap total pasar kesehatan digital di Indonesia. Khusus telemedis saja, layanan ini menyumbang sebesar $222,8 juta.

Lebih lanjut, laporan ini menyoroti tren genomik, sektor kesehatan baru yang tengah dijajaki pengembangan produk dan inovasinya. Tren pendanaannya juga mulai tumbuh. Tercatat tiga startup bioteknologi mendapat pendanaan awal tahun lalu, yaitu Asa Ren, Etana, dan Moosa Genetics.

Mengingat sektor ini baru, pengembangan genomik masih berada di tahap R&D sehingga membutuhkan waktu lama dan kesabaran untuk sampai masuk ke pasar. Apalagi, populasi di Asia Tenggara sangat beragam. Demikian juga aspek regulasi.

Startup Report 2023 dapat diunduh melalui tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again