2 April 2014

by Yoga Wisesa

Trio Galaxy Tab 4 Diumumkan Secara Resmi oleh Samsung

Beberapa orang berpendapat bahwa dalam merancang produk baru mereka, Samsung menggunakan pendekatan 'jika berjalan sempurna, untuk apa diperbaiki?' Dan sepertinya mereka mencoba membuktikan bahwa pendapat tersebut tidak benar. Buktinya, seri Galaxy Tab 4 yang baru diumumkan memiliki penampilan luar yang berbeda dari sang pendahulu.

Perubahan tersebut cukup signifikan. Tiga buah Galaxy Tab 4 yang masing-masing memiliki ukuran 7, 8 dan 10,1 inci ini memiliki bagian panel yang lebih tipis dan juga bobot yang lebih ringan. Awalnya analis memperkirakan bahwa Samsung akan mengumumkan Galaxy Tab 4 baru ini pada ajang Mobile World Congress di Barcelona, tapi ternyata mereka melakukannya tepat pada hari April Mop.

Dan hal tersebut membuat kru Trenologi harus melakukan cek beberapa kali hingga kami yakin bahwa berita ini resmi. Berdasarkan pengamatan lebih teliti di laman resmi Samsung, tampaknya ketiga Galaxy Tab anyar ini memiliki hardware dan sistem operasi yang sama.

Sebagai tablet generasi baru, tentu saja trio Galaxy Tab 4 dilengkapi oleh versi terbaru OS Android 4.4 KitKat. Mereka ditenagai oleh prosesor quad-core berkecepatan 1,2GHz, memori RAM 1,5GB dengan memori internal 16GB yang bisa diekspansi hingga 64GB. Glalaxy Tab 4 memiliki kamera belakang dengan sensor 3-megapixel dan kamera depan 1,3-megapixel. Tentu saja ukuran sensor ini tergolong kecil untuk perangkat mobile modern, namun lebih dari cukup untuk melakukan video call.

 

Info menarik: XKoin Memungkinkan Anda Isi Ulang Game Credit Tanpa Perlu Memiliki Nomor XL

 

Samsung menjelaskan dari website mereka, "Samsung Galaxy Tab 4 generasi baru sempurna untuk khalayak di semua jenjang umur. Perangkat ini menawarkan pengalaman multimedia yang luar biasa dalam sebuah desain yang lebih ringkas dan premium, dan membuatnya sebagai perangkat ideal untuk saling terhubung serta berbagi konten bersama kawan-kawan dan anggota keluarga."

Walaupun ketiga tablet baru tersebut memiliki ukuran layar berbeda, pada dasarnya mereka mempunyai lebar pixel yang sama. Samsung memanfaatkan layar WXGA dengan resolusi 1280x800 pixel. Selain ukuran layar, perbedaan lain terdapat pada kapasitas baterai. Samsung belum menginformasikan lebih lanjut kapasitas baterai Galaxy Tab 4 7.0, namun ukuran 8-inci memiliki baterai 4.450mAh dan 10.1 berbaterai 6.800mAh.

Tentu saja baterai tersebut difokuskan untuk mentenagai bagian eksternal terpenting dari tablet: layar. Ketiga Galaxy Tab 4 memiliki layar WXGA yang dengan rasio 16:10. Samsung mencoba untukmenyajikan pengguna penampilan visual yang penuh warna agar sempurna untuk menonton video, bermain game atau membaca konten digital.

Dan seperti Galaxy Note Pro, mereka memiliki fitur Multi Window dimana pengguna bisa beralih dari app ke app dengan mudah, juga kemampuan 'drag and drop' konten.

Samsung Galaxy Tab 4 7.0, 8.0 dan 10.1 tersaji dalam dua pilihan warna, hitam dan putih. Sayangnya kita belum mendapat informasi lebih lanjut soal harga, namun Samsung memastikan bahwa trio Galaxy Tab 4 ini sudah akan tersedia secara global pada kuartal dua 2014.

Via GSM Arena. Sumber gambar header: Samsung Mobile Press.