1. Startup

TripTrus Online Marketplace Bagi Pengusaha Wisata

PT. Jalan Terus Indonesia luncurkan website TripTrus, sebuah online marketplace bagi wisatawan domestik. TripTrus akan menjadi wadah pertemuan bagi wisatawan dan penyedia jasa layanan paket wisata. Memberikan kemudahan pada Anda yang hobi melancong untuk mencari destinasi wisata domestik yang pas dengan waktu luang, jenis kegiatan, destinasi tempat, dan budget yang Anda dimiliki, tanpa harus menghabiskan waktu berselancar di dunia maya mengunjungi berbagai media online serta situs guna mendapatkan paket trip yang diinginkan.

Indonesia dengan segala keindahan alam, kekayaan budaya, serta beragamnya pilihan aktivitas outdoor seperti berburu, surfing, snorkeling, cave tubing, body rafting, merupakan tujuan wisata yang tak ada habisnya untuk terus dijelajahi. Tak hanya keindahan alam yang menjadi daya tariknya festival budayanya pun merupakan sebuah pilihan berwisata yang patut dilirik. Sebut saja acara kelas dunia: Jember Fashion Carnival.

Media sosial juga dilansir ikut mendorong perkembangan pesat dunia pariwisata domestik. Banyaknya promosi paket trip yang menarik melalui media sosial, membuat banyak pelancong menjadi tertarik untuk mengunjungi tempat wisata domestik yang selama ini mungkin luput dari perhatian wisatawan.

Penyedia jasa perjalanan wisata atau trip operator tersebutlah juga salah satu ujung tombak pariwisata nusantara. Sayangnya saat ini, masih banyak masih melakukan promosi paket perjalanan secara terpisah, serta melakukan promosi di berbagai forum online, mailing list, dan sosial media.

Sebagai online marketplace TripTrus hadir memberikan kemudahan bagi trip operator dan jasa layanan wisata untuk melakukan promosi paket liburannya dalam satu portal online. Kemudahan yang ditawarkan adalah dengan mengakomodir dan mempromosikan paket trip petualangan dalam negeri.

Fasilitas yang disediakan TripTrus berupa simple CRM (customer relation management). Fungsinya CRM untuk membantu administrasi trip operator dalam membuat paket trip, koneksi ke social media, menerima pendaftaran peserta secara online, melakukan penagihan melalui email, menentukan pembayaran cicilan oleh peserta, database peserta dan fasilitas-fasilitas lain yang bertujuan mempermudah dan membantu promosi serta administrasi paket trip.

Dengan ini diharapkan trip operator dapat lebih fokus dalam membuat paket serta menjalankan trip yang mereka buat. Sementara TripTrus akan membantu mengakomodir promosi dan pekerjaan administratif. TripTrus juga hadir dilandasi oleh visi mendorong lahirnya wirausahawan wisata di seluruh Indonesia.

Menurut Brahmantya Sakti dari PT Jalan Terus Indonesia, TripTrus seperti dikutip dari rilis yang dikirimkan ke Daily Social Rabu, (21/8) mengatakan keinginan agar para wisatawan domestik lebih banyak lagi datang dan mengeksplorasi daerah-daerah wisata di seluruh Indonesia, sehingga secara tidak langsung akan membantu perkembangan ekonomi daerah wisata yang dikunjungi.

Sejak dilakukan beta-release pada awal Juli 2013 lalu, tercatat lebih dari 130 paket trip yang dipromosikan oleh lebih dari 25 trip operator dari seluruh Indonesia.

[Ilustrasi foto oleh Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again