Ini Perbedaan Tugas Staff Accounting dan Staff Finance

Walaupun bekerja dalam bidang keuangan,ternyata ada perbedaan tugas staff accounting dan staff finance.

Dalam sebuah perusahaan ada posisi yang mengurus keuangan yaitu staff accounting dan staff finance. Namun, apa perbedaan staff accounting dan staff finance?

Walaupun, kedua posisi ini sama-sama mengisi atau mengurus hal keuangan, ternyata keduanya memiliki tugas dan tanggung jawab berbeda. Sehingga, kedua posisi ini wajibnya diisi oleh orang yang berbeda.

Apa, sih perbedaan staff accounting dan staff finance dalam perusahaan? Di bawah ini DailySocial sudah memberikan rangkuman terkait persamaan dan perbedaan staff accounting dan staff finance. Yuk, simak penjelasannya!

Perbedaan staff accounting dan staff finance

Finance

Finance staff adalah sebuah posisi yang mengisi untuk mengelola uang dan investasi untuk individu, perusahaan, dan pemerintah. Jadi, keuangan atau finance akan berhubungan dengan uang, kredit, aset, perbankan untuk bisa mendapatkan dana agar bisa mengelola perusahaan.

Staff finance akan bertanggung jawab untuk memastikan adanya pendanaan atau modal yang cukup kebutuhan perusahaan dan mengalokasikan dana seoptimal mungkin.

Accounting

Staff accounting adalah sebuah profesi yang bertugas untuk mencatat, memelihara, dna melaporkan catatan keuangan perusahaan. Dikutip dari Corporate Finance Institute, Staff accounting akan bertanggung untuk memastikan bahwa semua transaksi keuangan dimasukkan dengan benar ke dalam buku besar dan laporan keuangan. Namun, secara umum finance dan accounting adalah profesi yang mengurus keperluan keuangan perusahaan.

Tugas finance staff dan accounting staff

Finance staff

Tugas finance staff adalah mengelola administrasi keuangan perusahaan seperti eksekusi pembayaran pajak, gaji, hingga tagihan. Staff finance juga nantinya akan mengurus laporan keuangan, hanya saja stafkeuangan akan melakukan analisis laporan keuangan untuk memprediksi keuangan perusahaan di periode yang berikutnya.

Lebih jelasnya, berikut tugas dan tanggung jawab finance staff dalam sebuah perusahan:

Menghimpun dan mendistribusikan dana

Staf keuangan akan memiliki tugas menghimpun dan mendistribusikan dana untuk aktivitas operasional seperti yang disebutkan di atas yaitu membayar tagihan, gaji, dan pajak. 

Namun, keuangan juga perlu mengelola pengeluaran perusahaan setiap hari seperti pembelian bahan baku dan cost produksi. Distribusi keuangan tidak hanya dalam mengelola keuangan perusahaan saja, tetapi finance staff juga harus mengelola keuangan dengan melakukan investasi yang dapat menguntungkan.

Mengelola keuntungan 

Keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan akan dikelola oleh staf keuangan, sehingga staf keuangan harus tahu apakah keuntungan yang dihasilkan bisa dibagi ke pemegang saham atau didistribusikan untuk keperluan investasi bisnis.

Membuat perencanaan keuangan kepada pemimpin

Tugas terakhir seorang finance staff adalah membuat perencanaan atau juga meyakinkan CEO atau direktur untuk melakukan investasi, mengelola keuntungan, hingga membuat anggaran modal. Sehingga, staf keuangan harus memiliki skill komunikasi yang cukup baik terutama dengan direktur perusahaan.

Accounting staff

Seperti yang sudah diketahui jika staf akuntansi akan membuat dan mengelola laporan keuangan perusahaan, berikut tugas dan tanggung jawab accounting staff:

Menilai kontribusi sumber dana

Staf akuntansi akan menilai seberapa besar kontribusi dana yang bisa berkaitan dengan keuntungan perusahaan, nantinya accounting staff juga akan memutuskan dan mengalokasikan dana agar keuangan perusahaan bisa tetap stabil.

Memastikan tagihan terbayar on time

Walaupun, yang membayar tagihan perusahaan adalah staf keuangan, tetapi yang memastikan semua tagihan dibayarkan sebelum jangka waktu yang ditetapkan adalah tugas accounting staff. Hal ini bertujuan agar perusahaan tidak merugi untuk membayar denda.

Mengatur kontrak terkait keuangan

Sebuah perusahaan tentunya akan melakukan pinjaman atau kerjasama dengan klien, kreditur, atau konsumen. Maka dari itu tugas staf akuntansi adalah mengatur dan memastikan kontrak apakah sudah sesuai atau belum.

Jadi, itu adalah perbedaan staff accounting dan staff administrasi keuangan dalam tugas dan tanggung jawabnya. Walaupun, tugasnya berbeda tetapi mereka akan saling bersisian dan melengkapi perihal keuangan.

Fungsi finance staff dan accounting staff

Selain ada tugas, finance staff dan accounting staff juga memiliki fungsi yang berbeda yaitu:

 Finance staff

  • Mendanai bisnis
  • Meningkatkan modal (utang dan ekuitas)
  • Mengoptimalkan biaya modal rata-rata perusahaan
  • Mencari keuntungan terbaik yang disesuaikan dengan risiko
  • Membuat strategi keuangan perusahaan
  • Membuat anggaran dan prakiraan keuangan
  • Melakukan merger atau akuisisi

Accounting staff

  • Membuat pembukuan
  • Melakukan pelacakan terhadap pendapatan dan pengeluaran
  • Melakukan audit
  • Mengelola laporan keuangan

Skill yang harus dimiliki oleh finance staff dan accounting staff

Skill yang dimiliki oleh finance staff dan accounting staff juga berbeda. Untuk kamu yang ingin menjadifinance staff dan accounting staff coba untuk mengasah kemampuan berikut:

 Finance staff

  1. Analisis
  2. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
  3. Detail
  4. Memiliki penyelesaian masalah yang baik
  5. Memiliki keterampilan dalam mengembangkan bisnis.

Accounting staff

  1. Memiliki dasar akuntansi
  2. Berorientasi terhadap detail
  3. Menguasai matematika.
  4. Menguasai software akuntansi.
  5. Dapat melakukan entry data.

Persamaan finance staff dan accounting staff

Selain memiliki kesamaan dalam mengelola keuangan perusahaan, kedua profesi ini juga harus dikerjakan oleh orang yang memiliki skill detail karena akan berkaitan dengan laporan keuangan.

Nah, itu adalah perbedaan staff accounting dan staff finance yang wajib kamu ketahui. Untuk memilih profesi ini jangan lupa untuk mengasah skill analisis dan matematika kamu ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again