Categories

Social Media

Tumblr Manjakan Pemburu Gambar GIF Lewat Fitur Baru, Tumblr TV

Bambang Winarso - 26 June 2015

Penyedia layanan blogging, Tumblr kembali melahirkan sebuah fitur baru bernama Tumblr TV, menyusul peluncuran mesin pencari gambar GIF belum lama ini. Tumblr TV merupakan fitur tambahan yang bertujuan untuk membantu pengguna dalam menemukan dan melihat gambar-gambar GIF melalui tampilan layar penuh.

Selain kedua fungsi tersebut, melalui Tumblr TV pengguna juga dapat membagikan gambar-gambar GIF yang mereka ciptakan atau mereka sukai.

Berbeda dengan mesin pencari GIF, Tumblr TV dirancang dengan rupa yang menyerupai TV, dimana terdapat tombol-tombol kendali yang dapat dipakai untuk memutar gambar, mem-pause, dan beralih dari satu gambar ke gambar GIF lainnya.

Tampilan penuh yang diklaim sebenarnya tidak benar-benar penuh, Tumblr menempatkan gambar yang sama sebagai background namun dengan bagian tepi yang diblur sehingga gambar utama tetap tampil menonjol sekaligus membantu layar tampak penuh. Namun yang perlu dicatat, Tumblr TV ternyata bisa diakses oleh siapapun kendati Anda tidak mempunyai akun Tumblr.

Ada beberapa fitur yang dapat pengguna temukan di Tumblr TV. Untuk mengakses fitur, silahkan ke tautan Tumblr.com/tv yang secara default akan menampilkan gambar-gambar GIF yang sedang jadi tren. Di bagian kiri atas terdapat form pencarian yang dapat dipergunakan untuk menemukan koleksi gambar lainnya. Sementara di bagian bawah terdapat tombol-tombol kendali, berdampingan dengan nama user pengunggah gambar, tombol favorit dan reblog.

Info Menarik: Bermain Tumblr Semakin Menyenangkan Lewat Aplikasi Desktop Tublme di Mac

Pengguna juga dapat menemukan gambar GIF dengan mengklik hastag yang ada di bawah gambar, fungsinya akan mengelompokkan gambar berdasarkan tag yang sama.

Sayangnya tidak ada tombol berbagi ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram atau yang lain. Praktis hanya ada satu pilihan untuk kembali membagikan gambar GIF yang Anda sukai, yakni dengan cara memposting kembali ke blog Tumblr, yang artinya Anda harus mempunyai akun di Tumblr. Jika belum punya, baca cara membuatnya di artikel ini.

Saat ini Tumblr TV baru tersedia untuk platform desktop, namun Tumblr mengatakan sedang berupaya menemukan cara untuk menjangkau platform mobile.

Sumber berita Thenexweb dan gambar header Tumblr.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter