1. Startup

Twitter Rombak Fitur Pencarian di Aplikasi iOS dan Android

Twitter kembali menambahkan fitur dan fungsi baru bagi aplikasi mobile yang tersedia pada sistem operasi iOS dan juga Android. Kali ini, media sosial yang baru saja menghadirkan custom timeline pada layanan TweetDeck telah menyematkan fitur pencarian cepat untuk mempermudah pengguna dalam mencari konten-konten yang diinginkan secara mudah dan praktis. Dengan hadirnya fitur ini, aplikasi mobile Twitter pada iOS dan juga Android tampil semakin sempurna.

Jika Anda yang kini telah memperbarui aplikasinya langsung dari Google Play atau App Store, fitur pencarian cepat ini akan tertampil pada kolom sisi kanan atas dengan tampilan icon “Kaca Pembesar” yang tentu lumrah ditemui. Namun, tentu apa yang menjadi keunggulan dalam fitur pencarian cepat serta konten seperti apa saja yang dapat dicarinya? Ini merupakan bagian yang penting. Seperti dalam keterangan blog resmi Twitter, fitur terbaru ini menawarkan fungsi pencarian terhadap konten-konten seperti gambar, video, dan juga berita-berita yang terdapat dalam timeline.

Fitur pencarian cepat ini juga didukung dengan fungsi filter yang dapat dimanfaatkan untuk mempersempit hasil pencarian agar konten yang dicari dapat ditemukan secara detail dan tepat. Selain itu, tab Discover juga dirombak dengan menghadirkan tampilan baru bagi daftar topik dan pembahasan yang terpopuler di seluruh Twitter. Tampilan Discover diubah secara total dan kini menampilkan daftar trending yang dibarengi dengan jumlah tweet terkait serta dua tweet terpopuler di topik tersebut. Walaupun tampilannya diubah, tab Discover tetap menghadirkan aktivitas favorit dan retweet yang dilakukan oleh akun-akun yang diikuti.

Penggunaan smartphone dalam mencari informasi dan konten yang menarik dan informatif semakin meningkat dari hari ke hari dan Twitter sangat membutuhkan peningkatan interaksi pengguna dengan konten yang tersedia melalui jaringannya. Jajaran fitur-fitur baru yang berfokus pada fungsi pencarian tersebut diharapkan dapat membuat pengguna jauh lebih “betah” berlama-lama menjelajahi Twitter menggunakan aplikasi resmi Twitter.

Hal ini juga mungkin saja dapat dikatakan sejalan dengan peralihan kebiasaan pengguna dalam mencari informasi sehari-hari, seperti misalnya dalam kebutuhan mencari informasi lalu lintas, berita-berita terbaru, dan lain sebagainya yang mulai mengandalkan Twitter sebagai media infomasi tercepat.

Walaupun tidak terlihat secara gamblang, perubahan di aplikasi mobile Twitter ini sebenarnya cukup fundamental, mengingat kini Twitter merupakan perusahaan terbuka yang telah menjual sahamnya di lantai bursa New York. Apapun yang Twitter lakukan tentunya akan merefleksikan tujuannya untuk meningkatkan pendapatan dan sebagai bentuk pembuktian bahwa Twitter merupakan perusahaan yang menjalankan bisnis yang valid dan menguntungkan bagi para investor.

[ilustrasi foto dan gambar: dok.DailySocial, Twitter Blog]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again