19 December 2014

by Yoga Wisesa

Ubah PC Anda Jadi Mahakarya di Tembok Dengan Casing Lian-Li O Series

Bagi para antusias, PC bukanlah sekedar perangkat komputasi. Menurut mereka, komputer rakitan ialah karya seni yang patut dipamerkan. Dengan pemikiran ini, para penggemarnya berlomba-lomba mengkustomisasi PC agar sedap dipandang sekaligus menyuguhkan performa tinggi. Dan mungkin satu casing baru mampu membuat pengguna PC antusias tersenyum lebar.

Dalam acara peluncuran di tanggal 18 Desember kemarin, Lian-Li memperkenalkan jajaran casing O Series. Ia diracik sebagai umpan balik permintaan komunitas PC rakitan, menyajikan body aluminium dan kaca tempered untuk memperlihatkan hardware di dalamnya. Dan berbeda dari casing biasa, ia sengaja dirancang agar bisa ditambatkan di tembok, layaknya lukisan kesayangan Anda.

Lian-Li O Series mengusung desain open-air sehingga pengguna mudah meletakkan, mengamankan serta memajang komponen-komponen di tempat yang 'artistik'. O Series terdiri dari empat buah model, perbedaan terletak pada ukuran dan jumlah kipas. Uniknya, penempatan komponen dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Kreativitas tidak dibatasi melalui ketiadaan sekat-sekat permanen.

Agar body tetap ramping, komponen GPU ditaruh paralel dengan motherboard, dibantu ekstensi dan riser card internal. Casing bisa dibuka tanpa obeng, semua menggunakan tangan, termasuk bagian kacanya. Tempered glass artinya ia lebih tangguh dan mampu menahan tekanan serta benturan lebih banyak. Seandainya pecah, tempered glass terurai dalam bentuk grain, bukan pecahan tajam.

 

Info menarik: Lian Li Ciptakan ‘Meja Komputer’ High-end Untuk Pengguna PC Paling Antusias

 

Selain model terkecil, yaitu PC-O5; O Series PC-O5S, PC-O6S, dan PC-O7S mendukung pendingin berbasis cairan. Huruf 'S' di belakang nama mengacu pada kompatibilitas sistem water cooling, dengan radiator mulai dari ukuran 240 milimeter. Terdapat lubang di belakang untuk Anda gantungkan ke baut di tembok. Alternatifnya, Lian-Li O Series bisa dibaringkan, atau didirikan dengan empat kaki attachable-nya.

Casing bertema bingkai lukisan ini hanya satu dari banyak terobosan rancangan yang telah Lian-Li buat. Di bulan Mei, DK-01 dan DK-02 diumumkan. Mereka adalah casing PC berbentuk meja kerja, sama-sama memanfaatkan material tempered glass dan aluminium anodized kelabu, ditambah kaki baja.

Sayang, seperti model sebelumnya, bahkan ukuran terkecil O Series dibanderol cukup mahal. Ia ditawarkan mulai seharga US$ 290 hingga US$ 420. Belum lagi ditambah biaya-biaya lain ketika ia sampai di Indonesia. O Series rencananya akan tersedia lebih dulu di Amerika Serikat bulan Februari 2015.

Sumber: Tech Powerup. Via PC Gamer.