12 August 2015

by Glenn Kaonang

Ubah TV Anda Menjadi Layar Sentuh Raksasa dengan Touchjet Wave

Meski smart TV sudah bukan hal yang baru lagi, pada kenyataannya masih cukup banyak ruang tamu yang masih dihuni TV 'biasa'. Mengapa demikian? Karena umumnya kita tidak memperlakukan TV seperti sebuah smartphone. Dengan kata lain, tidak banyak konsumen yang membeli TV baru setiap tahunnya.

Namun bukankah sangat menarik apabila kita bisa mengubah TV 'biasa' yang sudah ada menjadi sebuah smart TV tanpa harus membeli TV baru? Inilah yang coba ditawarkan oleh sebuah perusahaan asal San Fransisco, Touchjet. Mereka belum lama ini memperkenalkan perangkat inovatif bernama Touchjet Wave melalui Indiegogo.

Wave merupakan sebuah perangkat yang Anda pasangkan di bagian atas TV, lalu kabelnya Anda sambungkan ke port HDMI. Fungsinya? Mengubah seluruh penampang layar menjadi sebuah layar sentuh raksasa yang bahkan bisa membaca sejumlah gesture seperti swipe atau pinch-to-zoom.

Info menarik: TV Samsung Kini Bisa Jalankan Game PlayStation

Bagaimana caranya? Wave memanfaatkan teknologi bleeding edge infrared untuk mengenali sentuhan jari di seluruh layar. Sebuah komponen pengolah datanya kemudian akan menerjemahkan semua input berbasis inframerah tersebut menjadi gesture yang dipahami oleh perangkat Android.

Ya, Touchjet Wave sejatinya merupakan perangkat Android yang tidak disertai layar – TV Anda-lah yang menjadi layarnya. Di dalamnya tersimpan sederet komponen yang biasa Anda jumpai pada smartphone, mulai dari prosesor ARM sampai storage internal sebesar 8 GB, serta konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth. Ia pun menjalankan sistem operasi Android 4.4 KitKat yang disertai Touchjet UI.

Karena menjalankan OS Android, maka Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play. Dengan demikian, meski TV Anda bukan smart TV, Anda tetap bisa memainkan Fruit Ninja atau menonton video-video di YouTube berkat Touchjet Wave.

Info menarik: Hanya $19, SoundScoopZ Bisa Meningkatkan Kualitas Suara TV Anda

Saat Anda hanya ingin bersantai sembari menonton di atas sofa, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pendamping Touchjet Wave yang akan mengubah smartphone Anda menjadi sebuah remote control. Tentu saja, Anda juga bisa meneruskan konten yang tersimpan di smartphone menuju TV Anda yang sudah dipasangi Touchjet Wave.

Selain dalam konteks hiburan di ruang keluarga, Touchjet Wave juga amat ideal menemani sebuah TV yang ada di ruang rapat di kantor. Ia datang bersama sebuah stylus, yang berarti Anda bisa membuat coretan-coretan penting pada slide presentasi yang tengah ditampilkan, atau sekedar untuk brainstorming bersama satu tim.

Lalu TV apa saja yang kompatibel dengan Touchjet Wave? Sembarang TV dengan ukuran layar 20 - 80 inci yang dilengkapi port HDMI, baik yang beresolusi 720p, 1080p atau 4K sekalipun.

Kampanye Touchjet Wave di Indiegogo saat ini masih menyisakan waktu sekitar satu bulan. Harga yang ditawarkan pada masa kampanye ini adalah $99 untuk satu unit Touchjet Wave, plus $30 untuk biaya pengiriman internasional.