Categories

Gadget

Hanya $19, SoundScoopZ Bisa Meningkatkan Kualitas Suara TV Anda

Glenn Kaonang - 23 May 2015

Kategori produk soundbar ada di pasaran karena salah satu alasan: kualitas suara TV biasanya payah, sehingga butuh sokongan dari perangkat lain, yakni soundbar itu sendiri. Kalau Anda punya budget berlebih, Anda malah bisa mendapatkan kinerja audio yang lebih mantap lagi dari set home theater.

Soundbar dan set home theater memang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas suara TV secara drastis. Namun tidak semua orang rela mengucurkan dana hingga jutaan rupiah hanya untuk memanjakan telinganya di depan televisi, terkadang mereka hanya butuh solusi praktis dan hemat untuk memperjelas suara vokal yang keluar.

Saat menonton video atau mendengarkan musik di perangkat mobile, kita sebenarnya sudah cukup sering menerapkan solusi praktis dan hemat tersebut, yakni dengan cara menempatkan telapak tangan di belakang speaker milik smartphone atau tablet – kecuali Anda menggunakan smartphone HTC One. Pada dasarnya, telapak tangan kita akan memantulkan suara ke arah kita sehingga suara bisa terdengar lebih keras dan jelas.

Cara yang sama bisa kita terapkan di speaker televisi modern yang umumnya menghadap ke arah bawah. Akan tetapi jelas tidak mungkin kita bisa menonton selagi menempatkan telapak tangan kita di belakang speaker-nya, bukan?

Info menarik: Xiaomi Perluas Lini Produknya ke Ranah Rumahan

Di sinilah produk bernama SoundScoopZ ingin membantu Anda. Produk ini begitu sederhana, baik dari segi konsep maupun desainnya, namun ia cukup yakin bisa meningkatkan kualitas suara TV Anda.

SoundScoopZ merupakan sebuah lempengan yang terbuat dari material daur ulang. Bentuknya sedikit melengkung di bagian bawah. Lengkungan ini adalah kunci kesuksesan dari SoundScoopZ.

Gampangnya, Anda hanya perlu melekatkan SoundScoopZ di bagian belakang TV, dengan posisi lengkungan menghadap ke depan – tidak ada kabel apa-apa yang harus disambungkan. Suara yang keluar dari speaker TV yang menghadap ke bawah akan dipantulkan oleh SoundScoopZ ke arah kita, mirip seperti skenario telapak tangan dan speaker perangkat mobile yang saya contohkan di atas.

Kendati demikian, tidak semua TV kompatibel dengan SoundScoopZ. Produk sederhana ini hanya bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal ketika dipasangkan pada TV dengan posisi speaker yang menghadap ke bawah, bukan ke belakang atau malah ke depan.

Info menarik: Mars Ialah Speaker Bluetooth Berbentuk UFO Yang Bisa Terbang

Hasil akhirnya, suara bisa terdengar lebih keras dan jelas, terutama vokal. Kalau Anda berharap dentuman bass-nya bisa diperkuat, well saya harus jujur, Anda tetap perlu membeli sebuah soundbar.

SoundScoopZ memang tidak dirancang untuk menyaingi atau bahkan menggantikan soundbar, melainkan sebagai alternatif terjangkau bagi yang ingin meningkatkan kualitas suara TV-nya. SoundScoopZ saat ini masih menjalani kampanye di Kickstarter, dan Anda sudah bisa memesannya dengan dana hanya $19, atau $36 untuk mendapatkan dua unit SoundScoopZ jika TV Anda berukuran cukup besar.

Via: CNET.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter