Untuk Pertama Kalinya, Spotify Sukses Catatkan Laba Operasional

Untuk Pertama Kalinya, Spotify Sukses Catatkan Laba Operasional

Butuh waktu 13 tahun dan 96 juta pelanggan berbayar untuk mencapainya
Logo resmi Spotify
Logo resmi Spotify

Kuartal keempat tahun 2018 tampaknya menjadi kuartal terbaik bagi Spotify. Pasalnya, dalam laporan resmi yang dipublikasikan baru-baru ini, layanan streaming musik asal Swedia itu akhirnya berhasil membukukan laba operasional untuk pertama kalinya setelah 13 tahun berkiprah. Prestasi ini dibarengi dengan tambahan 9 juta pelanggan premium selama empat bulan terakhir, 16 juta tambahan pengguna aktif dan perluasan pasar ke 13 negara baru yang menempatkan dirinya sebagai penguasa industri streaming musik.

Dalam laporan tersebut Spotify mengumumkan pencapaian 207 juta pengguna aktif di mana 96 juta di antaranya merogoh kocek untuk menjadi pelanggan berbayar. Peningkatan 9 juta pelanggan premium ini turut menentukan neraca laba operasional perusahaan yang akhirnya menunjukkan angka positif sebesar €94 juta ($107 juta). Tentu saja pergerakan saham menjadi salah satu faktor yang cukup berperan dalam pencapaian menggembirakan ini.

Spotify_EarningsReport_1920x1080_DataGraph-1100x1238

Pertumbuhan positif pengguna Spotify sebesar 8% dari 191 juta di kuartal ketiga juga terbantu oleh naiknya tingkat retensi dan meluasnya ekspansi layanan ke wilayah Amerika Latin dan negara-negara berkembang lainnya. Jumlah pengguna berbayar Spotify sendiri naik sebesar 11% dari 87 juta pengguna di kuartal sebelumnya. Kini, dengan 78 negara yang berhasil dijangkau, Spotify tengah menjejaki jalan mulus dan masa depan yang cerah.

Secara keseluruhan, pencapaian Spotify di kuartal keempat 2018 adalah yang terbaik yang pernah mereka bukukan. Semua indikator menunjukkan pergerakan positif. Selain jumlah pengguna aktif dan berbayar, Spotify juga meraup pundi-pundi uang dari iklan yang mencapai $199 juta, naik 34% dibandingkan kuartal ketiga lalu. Iklan format audio dan video tumbuh lebih dari 40 persen pada Q4 setelah adanya perubahan kebijakan harga yang mereka terapkan.

Statistik lain yang juga cukup menarik adalah jumlah artis dan kreator yang tergabung dalam Spotify for Artist telah menyentuh angka 300 ribu yang diyakini akan terus bertambah. Spotify for Artist adalah platform baru yang memudahkan artis mengelola dan memantau analitik pendengar dan lagu kreasi mereka. Masih berlabel beta, Spotify for Artist akan menjadi salah satu prioritas perusahaan di tahun 2019 ini.

Tapi ada hal lain yang tak kalah menarik di sela-sela laporan di atas. Spotify menunjukkan keseriusannya menggarap industri podcast dengan mengumumkan akuisisi baru terhadap dua startup podcast, Gimlet dan Achor dengan nilai $400 dan $500 juta.

Ke depan, Spotify diproyeksikan bakal memperoleh 100 juta pelanggan berbayar pada kuartal Maret dan menyentuh angka 127 juta hingga penghujung tahun 2019.

Sumber berita Spotify.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…