21 December 2016

by Bambang Winarso

Tak Mau Ketinggalan, Kik Messenger Juga Gulirkan Fitur Obrolan Video

Fitur baru di Kik Messenger memperkuat daya saingnya terhadap aplikasi pesan serupa

Fitur video tampaknya menjadi fokus sejumlah aplikasi pesan. Beberapa waktu yang lalu Facebook  merilis video chat untuk grup di Messenger. Kemudian hari ini Viber juga menggulirkan pesan video berdurasi 30 detik yang dilengkapi integrasi Giphy dan Wikipedia. Mengikuti kedua dedengkot aplikasi pesan tersebut, Kik Messenger menempuh cara yang sama dengan menggulirkan fitur video chat untuk 240 juta pengguna setianya.

Dalam keterangan resminya, pengembang Kik Messenger menyatakan bahwa fitur baru yang dihadirkan ini merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna. Untuk memulai percakapan video, pengguna cukup menekan toogle yang terletak di sisi kanan atas layar. Fitur baru ini dapat menampung maksimal 6 orang, termasuk di dalamnya tool untuk berbagi foto, stiker dan gambar animasi GIF.

Mengingat Kik Messenger fokus pada pengguna kawula muda, banyak orang mempertanyakan mengapa Kik tak kunjung meluncurkan fitur obrolan video. Padahal  dari 300 juta pengguna terdaftar Kik, 40% nya adalah anak muda yang berasal dari kawasan Amerika Serikat. Sehingga tak ada alasan bagi Kik untuk terus menahan diri di saat banyak aplikasi pesan yang mempunyai 100 juta pengguna sudah menggulirkan fitur obrolan video atau panggilan video grup dalam satu tahun terakhir.

WhatsApp misalnya baru saja menghadirkan fitur panggilan video untuk 1,2 miliar penggunanya. Facebook Messenger juga melakukan langkah serupa dan ditingkatkan menjadi panggilan video grup belum lama ini. iMessage tak mau ketinggalan menghadirkan obrolan video untuk grup ke iPhone dan Slack yang bahkan menggarap relung yang lebih sempit juga meluncurkan fitur panggilan video meski hanya terbatas untuk pengguna premium.

Berkaca pada tren tersebut, wajar jika Kik kian terdesak dan dituntut untuk mengambil langkah cepat jika tak ingin digerus oleh para kompetitor. Pengguna Kik Messenger bisa bernafast lega, karena selain menggulirkan fitur obrolan video, mereka juga menjanjikan fitur baru lainnya, masih terkait video yang akan hadir di tahun 2017 mendatang.

Sumber berita Kik.