31 March 2015

by Bambang Winarso

Update Terbaru Gmail untuk Android Hadirkan Fitur "All Inboxes"

Anda tentu setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa Gmail adalah salah satu layanan email gratis terbaik di dunia. Mereka juga mempunyai aplikasi versi mobile terlengkap yang dapat dipergunakan untuk mengakses multi akunemail dari satu perangkat.

Dan hari ini, Google kembali merombak Gmail versi Androidnya dengan tambahan fitur bernama All Inboxes serta sejumlah perbaikan lainnya.

Sebelum update terbaru ini dirilis, Google sudah dengan senang hati memberikan fitur multi akun yang memungkinkan pengguna mengakses email dari satu perangkat. Fitur ini bahkan berlaku untuk layanan di luar Gmail, misalnya Yahoo dan Outlook.

Penambahan fitur All Inboxes tidak akan mengubah bagaimana cara Gmail mengakses masing-masing akun. Hanya saja dengan fitur ini pengguna mempunyai pilihan baru dalam membaca email dari satu jendela tanpa harus mengganti ke akun lainnya satu per satu.

Info Menarik:Aplikasi LibreOffice Siap Hadir Dalam Versi Online

Cara ini akan lebih menghemat waktu Anda, terutama apabila Anda memiliki tiga atau empat akun email aktif yang terpasang sekaligus di dalam satu perangkat.

Melalui jendela yang sama pengguna juga dapat memberikan jawaban yang nantinya disesuaikan dengan akun yang dipergunakan, dengan demikian Anda tidak perlu khawatir email akan tertukar atau salah memberikan respon.

Selain fitur All Inboxes, Google juga menerapkan mode tampilan pesan baru dimana kini terlihat lebih panjang yang dipisahkan menjadi dua kolom. Terlihat lebih rapi dan makin mempermudah pengguna untuk membaca email-email yang masuk. Fitur ini sebelumnya sudah diterapkan oleh Google, tetapi terbatas hanya untuk akun Gmail. Dan sekarang akun yang menggunakan IMAP/POP dan Outlook pun sudah dapat mencicipi fitur tersebut.

Info Menarik:Browser Project Spartan untuk Windows 10 Technical Preview Sudah Bisa Dicoba

Sebagai pelengkap update, Google membuat beberapa peningkatan misalnya perbaikan di fitur auto-complete di form pencarian, animasi yang lebih mulus dan pratinjau lampiran yang lebih besar sehingga mudah untuk dilihat tanpa harus diunduh terlebih dahulu.

Kendati Google mengklaim telah menggulirkan update ke versi Android, saya pribadi belum mendapatkan notifikasi update dari aplikasi Play Store. Bagaimana dengan Anda?

Sumber berita Gmailblog.