1. Startup

Utilisasi Data Bantu Chickin Efisiensikan Peternak Unggas

Didirikan pada 2018, berambisi menjadi pemain e-commerce B2B khusus daging ayam di Indonesia

Meski banyak tantangan, sektor agrikultur menjadi area potensial berikutnya yang belakangan ini mulai digenjot dengan berbagai inovasi baru berbasis teknologi. Pada umumnya, dengan merangkul teknologi digital bakal berdampak pada upaya meningkatkan produktivitas, efisiensi, profitabilitas, serta mengurangi risiko penyakit.

Adopsi teknologi baru harus dilakukan secara masif dan menjadi kebiasaan baru bagi para petani/peternak misalnya, jika mereka ingin tetap bertahan hidup, tetap relevan, dan kompetitif di industri yang menantang, yang mana harga input melonjak dan penyakit terus mengancam bisnis mereka. Chickin menjadi salah satu pemain agritech yang mencoba menyelesaikan isu tersebut, dimulai dari industri budidaya unggas.

Tiga orang kawan, yang terdiri dari Ashab Al Kahfi, Tubagus Syailendra, dan Ahmad Syaifulloh, memantapkan diri sebagai peternak unggas sebelum akhirnya merintis Chickin pada 2018 di Klaten, Jawa Tengah.

“Kami memahami betul permasalahan di industri ini. Dari situ kita mencari pain point dari upstream hingga downstream. Berniat sekali untuk membantu menjaga ketahanan pangan di Indonesia yang masih mengonsumsi daging dengan indeks protein hewani terendah di Asia Tenggara dan masalah supply demand yang highly fragmented,” terang Co-founder & CEO Chickin Tubagus Syailendra.

Menurutnya, bagi semua pembudidaya, data adalah isu terpenting yang membantu mengatasi permasalahan di lapangan. Pemanfaatan data yang akurat dapat membantu evaluasi demi mencegah kegagalan panen dan bisa memprediksi kira-kira hasil panen bisa dihasilkan untuk apa. Terlebih itu, adopsi teknologi sangat penting bagi peternak karena burung itu sangat rentan terhadap risiko penyakit. “Forecasting di supply chain dapat membantu proses matchmaking antara supply dan demand.”

Isu lainnya yang turut menjadi perhatian adalah indeks konsumsi daging protein hewani yang masih kalah dibandingkan negara ASEAN lainnya. Menurut OECD-FAO, konsumsi daging ayam dan daging sapi oleh masyarakat Indonesia masih rendah dibandingkan negara tetangga. Konsumsi per kapita daging ayam baru menyentuh 11,6 kilogram, sedang daging sapi lebih rendah, yaitu 2,7 kilogram.

“Ini jadi masalah besar. Di Indonesia potensinya besar tapi masyarakatnya tidak bisa makan dengan harga dan kualitas yang oke. Lalu masih centralize juga, di luar Pulau Jawa banyak orang belum bisa makai daging karena aksesnya sulit. Di lihat dari uniqueness, daging certified terbesar itu adalah ayam. Banyak yang jual ayam di sini dan yang terpenting banyak momentum hari raya yang membuat ayam jadi komoditas di acara tertentu mendadak tinggi.”

Solusi Chickin

Dalam menjawab kebutuhan tersebut, Chickin menawarkan perangkat IoT dan SaaS untuk mengumpulkan data dan matchmaking data apa yang ada di dalam kandang untuk kebutuhan bisnis B2B. Dengan teknologi digitalnya, Chickin menawarkan solusi untuk peternak unggas di Indonesia tentang cara mengurangi kesalahan manusia, limbah pakan, dan biaya listrik. Solusi membantu mereka berubah dari manajemen tradisional hingga manajemen berbasis digital.

Pihaknya akan matchmaking data permintaan ayam, ukuran, harga, grade, dan dicocokkan data yang ada di kandang peternak. Adapun untuk perangkat IoT, untuk meningkatkan produktivitas peternak dengan menekan ongkos pakan FCR (feed coversion ratio). Sebab, keberhasilan panen itu soal seberapa banyak pakan yang dikonversi menjadi daging dengan maksimal, sehingga energi tidak sia-sia terbuang.

Chickin menyediakan solusi sistem manajemen perkandangan cerdas terintegrasi berbasis IoT melalui Chickin App – Micro Climate Controller (MCC) dan Chickin Smart Farm yang diharapkan dapat menekan angka FCR sehingga berdampak pada efisiensi pakan yang semakin baik. Dengan manajemen perkandangan berbasis IoT dan AI support, Chickin memudahkan para peternak melakukan budidaya secara optimal, produktif, dan efisien.

Mereka tidak perlu khawatir lagi soal kondisi cuaca di dalam kandang karena suhu dan kelembaban bisa diatur secara manual melalui Chickin App yang tersambung pada smartphone. Adanya IoT dan AI support memungkinkan terjadinya budidaya jarak jauh karena proses kontrolnya semakin mudah, sekaligus dapat memaksimalkan efisiensi dan kualitas produksi dengan tingkat mortalitas yang rendah.

Aplikasi Chickin membantu peternak memiliki data real-time. Diklaim, proses integrasi dari teknologi Chickin dapat meningkatkan tingkat keberhasilan panen sebesar 97% dan laba sebesar 300-400%.

“Kita bisa tekan data AI untuk adjust kebutuhan suhu ayam, sebab cost pakan itu mahal. IoT itu untuk kontrol suhu kebutuhan ayam, berapa temperatur, kelembapan, sehingga mitra bisa dapat hasil yang optimal dari segi pendapatannya,” papar Tubagus.

Dia melanjutkan, “Sejauh ini bisa mengurangi ongkos sampai 15% atau sekitar Rp2 ribu-Rp3 ribu per satu ekor ayam. Ini potensi maksimal, tergantung seberapa baik performance-nya. Selanjutnya, listrik bisa turun 50% dari ongkos, satu ekornya Rp500 untuk unit economics-nya, kita bisa tekan Rp250 per ekor. Terakhir, antibiotic cost meski masih riset, bisa turun sekitar 50% sekitar Rp250 juga. Impact-nya besar yang bisa didapat.”

Dalam menciptakan solusi tersebut, ia mengaku telah melakukan riset ilmiah selama tahun, sembari melakukan tes percobaan di beberapa kandang di Kalimantan Tengah dan Jawa Tengah. “Pembuatan alatnya simpel, tambah sensor untuk tahu suhu dalam kandang dan AI Logic untuk kebutuhan suhu seekor ayam. Tapi yang buat lama itu proses kesuksesannya seberapa jauh persentasenya menurunkan ongkos pakan dan listrik. Setelah punya data yang solid kita bisa produksi lebih cepat lagi.”

Adapun untuk model bisnisnya, Chickin menyediakan suplai daging ayam berkualitas ke konsumen B2B (Chickin Fresh). Ibaratnya seperti e-commerce B2B untuk daging ayam saja, seperti Aruna yang menjadi B2B untuk ikan. Kemudian, monetisasi terjadi di sektor hilirnya. Para mitra bisnis Chickin datang dari beragam vertikal, ada e-grocery, retail, kuliner, korporasi, hingga jaringan waralaba.

“Kalau IoT device sebenarnya adalah cara kami acquire suplai saja, akuisisi banyak peternak untuk jadi mitra suplai. Dan alat-alat ini kita pakai gratis tidak monetize sama sekali.”

Diklaim, solusi Chickin Fresh telah menjual lebih dari 2,1 juta kilogram ayam untuk 10 mitra industri. Sementara, untuk Chickin Smart Farm telah memproduksi lebih dari 1 juta ekor ayam, menghemat Rp1,7 miliar pakan dihemat, dan Rp397 juta listrik dihemat.

Sumber: Chickin Indonesia

Optimistis di budidaya unggas

Tubagus meyakini, ke depannya pertanian cerdas dengan penerapan kecerdasan buatan (AI) akan diterima secara masif di negara ini. Oleh karenanya, sosialisasi manfaat dari teknologi itu penting. Untuk bisa diadopsi secara luas, diklaim bahwa teknologi ini ramah pengguna dan menciptakan efisiensi yang signifikan.

Sebenarnya para peternak di Indonesia pada umumnya sudah paham dengan konsep climate control. Makanya, target pengguna solusi Chickin adalah peternak full house yang sudah punya kipas, blower, dan cooling pad. Selanjutnya, Chickin hanya memberikan pembaruan perangkat temptron yang ada di dalam kandang dengan sensor suhu ayam dalam kandang secara real time.

More Coverage:

Meski begitu, perusahaan tetap menempatkan tim lapangan dan konsultan yang bisa membantu peternak saat mengoperasikan perangkatnya. “Dan yang paling penting, jika kita dapat menghasilkan hasil yang baik, akan lebih mudah untuk meyakinkan peternak untuk berinvestasi."

Solusi Chickin sebenarnya dapat diimplementasikan tidak hanya untuk unggas, tapi juga ke hewan ternak lainnya, seperti sapi dan kambing, sebab pada intinya iklim menentukan keberhasilan panen. Inovasi tersebut sudah sukses dikerjakan oleh startup sejenis dari Israel, AgroLogic. Startup ini mengembangkan temptron, seperti Chickin, yang diaplikasikan untuk babi, sapi, dan hewan lifestock lainnya.

Hal ini menginspirasi perusahaan untuk melakukan aksi serupa. Langkah Chickin selanjutnya adalah bidik pertumbuhan dari bisnis vertikal, lewat akuisisi dari hulu ke hilir. Kemudian, masuk ke downstream dengan menguasai demand agregasi ayam. Selanjutnya masuk ke midstream (rumah potong), ke upstream (kandang ayam).

“Tujuannya agar kami bisa supply farm input, seperti pakan dan bisnis, sembari masuk ke sektor horizonal di luar ayam. Sebab kami rencananya mau leading meat e-commerce B2B di Indonesia,” pungkasnya.

Saat ini Chickin telah merampungkan pendanaan tahap awal. Namun informasi detail lebih lanjut masih ditutup rapat-rapat.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again