27 February 2015

by Bambang Winarso

VAIO Dikabarkan Tergiur Garap Sektor Mobile, Awali Debut 12 Maret Mendatang

Masih ingat dengan brandVAIO? Sebagian besar dari Anda tentu mengetahui dan mengingat brand VAIO sebagai salah satu merek yang biasa menempel di perangkat laptop. Anda tidak salah! Tapi stigma itu mungkin saja akan segera berubah sebab sebuah kabar menyebutkan VAIO kepincut untuk ikut terjun merakit perangkat smartphone.

VAIO merupakan brand yang mempunyai sejarah panjang. Jika kita runut kembali, maka akan mengarah pada nama besar Sony. Yap, VAIO dahulu adalah salah satu brand yang dimiliki oleh Sony tatkala kembali menggarap sektor PC secara global pada tahun 1996.

Namun di bulan Februari 2014, Sony menyerah pada pasar dan memutuskan melego VAIO ke Japanese Industrial Partners (JIP) yang tukar gulingnya selesai pada bulan Maret 2014 dimana Sony hanya menguasai 5% saham.

Info Menarik:Tablet 8 Inci Samsung Galaxy Tab Active Sambangi Indonesia, Dibanderol Rp 6 Juta-an

Jika kabar yang dilansir oleh J-Com melalui GSMArena ini benar, maka akan jadi debut perdana VAIO di ranah mobile setelah lepas dari Sony. Bahkan menurut sumber yang sama ekspansi VAIO bukan hanya sekedar niatan, perusahaan dikabarkan sudah siap merilis ponsel pintar pertamanya tersebut pada 12 Maret mendatang.

Hal itu diperkuat dengan hasil pengujian yang mengungkap spesifikasi dan juga wujud perangkat. Smartphone VAIO menawarkan hardware yang menjanjikan, di antaranya berupa komponen layar 5 inci dengan resolusi 720p, kamera 13MP plus 5MP di bagian depan, memori internal 16GB dan RAM 2GB.

Terdapat pula chipset 64-bit Snapdragon 410 MSM8916 yang disempurnakan oleh kehadiran sistem operasi terbaru, Android 5.0 Lollipop.

Info Menarik:Kendaraan Ringkas Satu Roda Ini Bisa Bawa Anda Kemanapun

Menariknya, kendati hanya memegang 5% saham, namun ada spekulasi bahwa Sony mempunyai andil dalam pembuatan ponsel pintar VAIO ini. Mengingat Sony lebih punya pengalaman di bidang ini, atau bisa juga karena adanya keterikatan antara kedua perusahaan.

Jika rumor ini benar, VAIO akan resmi memulai petualangan barunya di ranah mobile pada 12 Maret mendatang. Kita tunggu dan buktikan saja kebenarannya.

Sumber gambar header Vaio.