1. Lifestyle

Valve dan Nvidia Bekerjasama Untuk Hadirkan Portal di Android

Portal adalah sebuah game eksperimental yang digarap Valve dengan pendekatan ide independen. Dibundel dalam paket The Orange Box, ini adalah permainan pertama ber-genre puzzle mereka.

Valve tidak membayangkan bahwa Portal mendapatkan penerimaan yang sangat positif dari khalayak. Kini tujuh tahun setelah perilisannya, game ini akan hadir untuk Android.

Peluncuran Portal adalah sebuah hal unik dalam industri gaming. Waktu itu game ini dibundel dalam sebuah paket bernama The Orange Box bersama dengan expansion Half-Life 2: Episode One dan Team Fortress 2. Ketiga permainan ini menjadi favorit gamer, namun Portal-lah yang ditunjuk sebagai game terbaik di 2007 dengan lebih dari 70 penghargaan gaming - walaupun game ini dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.

 

Info menarik: Genap Berumur 8 Tahun, Twitter Ajak Pengguna Bernostalgia dengan Melihat ‘Tweet Pertama’

 

Sayangnya selama ini, Valve sama sekali belum menyentuh lini mobile gaming. Hingga akhirnya sebuah ide ditawarkan oleh Nvidia: bagaimana jika Portal di-port ke perangkat Android yang mereka miliki, Nvidia Shield? Hal ini bukan saja menambah koleksi game yang mendukung penuh Shield, namun juga percobaan ekspansi pertama Valve ke dunia mobile.

Doug Lombardi dari Valve mengatakan, "Nvidia telah menciptakan Shield sebagai perangkat unik dan berperforma tinggi. Perusahaan kami memiliki sejarah panjang dalam bermitra, dan kami sangat menanti kehadiran Portal di Shield."

Dalam Portal, Anda bermain sebagai seorang gadis bernama Chell dalam perspektif orang pertama. Ia 'diasuh' oleh robot dengan kecerdasan buatan bernama GLaDOS (Genetic Lifeform and Disk Operating System) dalam sebuah fasilitas uji coba milik perusahaan Aperture. Chell ditantang oleh GLaDOS untuk menyelesaikan berbagai puzzle dengan dibantu oleh perangkat bernama Aperture Science Handheld Portal Device atau sederhananya, pistol portal.

Pistol ini memiliki kemampuan untuk menciptakan dua buah gerbang dimensi. Anda masuk di 'portal' pertama dan keluar di portal kedua. Hal ini memungkinkan Anda untuk pergi kemanapun dengan syarat tempat itu berada dalam jangkauan tembak pistol portal.

Teka-teki yang disajikannya memang menantang, namun dengan menggunakan sedikit akal sehat dan mudah dipecahkan - tidak ada momen dimana Anda terjebak di satu level dalam waktu yang lama.

 

Info menarik: 5 Provider Internet Paling Populer di Twitter

 

Bagian terbaik dari Portal adalah saat pemain berhasil memecahkan tiap teka-teki yang diberikan. Belum lagi Portal adalah game yang sangat lucu. Kritik, gamer dan analis memuji bagaimana Valve menyajikan tokoh GLaDOS. Ia adalah robot penggila eksperimen, dengan perpaduan sifat sosiopat dan megalomaniak, gamer jatuh hati pada lelucon kelam permainan ini dan juga kata-kata yang diucapkan GLaDOS.

Portal untuk Android adalah game eksklusif perangkat Nvidia Shield - mungkin karena handheld console ini ialah satu-satunya platform yang memiliki sistem kontrol lengkap untuk mendukung navigasi Portal yang kompleks. Atau mungkin baru Tegra saja yang mampu menangani versi port Portal.

Belum ada tanggal pasti peluncuran Portal di Shield, Nvidia hanya menyebutkan 'segera hadir' dalam blog mereka.

Gambar header: Fanpop.com

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again