24 July 2014

by Yoga Wisesa

Valve Kembali Merombak Desain Steam Controller?

Upaya Valve untuk menciptakan desain Steam Controller yang sempurna terus berlanjut. Bagi mereka, Steam Controller ialah perangkat paling krusial dalam proyek Steam Machines. Menanggapi masukan tester dan pengunjung saat ia dipamerkan dalam GDC 2014, Valve memutuskan untuk mengundur perilisan Steam Controller, dan menunda Steam Machines ke 2015.

Beberapa bulan setelah pengumuman tersebut ditulis Eric Hope di laman Steam Community, sebuah rancangan baru Steam Controller dirilis untuk publik - kali ini via Twitter milik Steam Database. Berdasarkan ilustrasi dua dimensi itu, terdapat beberapa perubahan layout pada Steam Controller teranyar, termasuk penampilan yang lebih stylish dan futuristik.

Dalam desain mock-up terbaru, tombol directional pad di sebelah kiri digantikan dengan sebuah thumbstick analog. Ia diletakkan di bagian bawah touchpad yang menjadi ciri khas controller besutan Valve itu - posisinya bersebelahan dengan tombol ABXY yang berada di sebelah kanan.

 

Info menarik: Peluncuran Proyek Steam Machines Valve Diundur ke Tahun 2015

 

Jika gambar di atas memang akurat, maka kita mendapatkan sebuah rancangan yang unik. Keberadaan sepasang touchpad sebenarnya diusung untuk menggantikan fungsi thumbstick analog. Dengang begitu, terdapat tiga buah fungsi analog dalam satu periferal. D-pad biasanya menjadi pilihan gamer untuk menikmati permainan fighting. Lalu apakah ketiadaannya akan menyulitkan para penikmat genre tersebut?

Tapi kita bisa mengerti, dengan menekankan bagian touchpad, tentu harus ada yang Valve korbankan dalam desain Steam Controller. Belakangan ini hanya ada sedikit permainan ber-genre fighting yang dirilis untuk platform PC, sedangkan salah satu hal yang Valve inginkan dengan Steam Controller adalah alternatif fungsi navigasi mouse yang bisa diakses saat pengguna bersantai-santai di depan TV ruang keluarga.

Tiga buah analog memang terasa berlebihan, tapi begitu juga dengan sepasang stick analog saat pertama kali diperkenalkan. Kini, dua buah analog telah menjadi standar desain gamepad modern.

 

Info menarik: Valve SteamBoy Adalah Versi Handheld Steam Machines

 

Hal menarik lain adalah kehadiran LG dan RG. Jika saya boleh menebak, maka kedua tombol ini bisa diartikan sebagai tombol left dan right grip. Mereka berada di bagian belakang Steam Controller, dan menjadi pelengkap kedua tombol trigger, serta left dan right button. Tapi Valve harus memastikan bahwa keberadaan tombol-tombol itu tetap membuat Steam Controller nyaman dan mantap saat digenggam.

Yang terakhir adalah bagian touchpad-nya sendiri. Entah apakah rancangan desain 2D yang sengaja dibuat agar terlihat berbeda, atau bentuk ini akan diaplikasikan dalam model sesungguhnya: touchpad terlihat lebih oval dibandingkan rancangan sebelumnya.

Dan bisa jadi, Valve sebenarnya sudah mempersilakan beberapa individu beruntung untuk menjajal Steam Controller terbaru. Mungkin itu alasannya mengapa dalam .gif ini bagian gamepad Steam Controller di-blur...

Via PC Gamer & Destructoid.