16 June 2014

by Yoga Wisesa

Valve SteamBoy Adalah Versi Handheld Steam Machines

Walaupun pada dasarnya belum dirilis, dari mulai beberapa bulan lalu kita sudah menyaksikan upaya Valve untuk mempenetrasi wilayah hiburan ruang keluarga dengan Steam Machines mereka. Kini Valve mempunyai target baru: handheld. Dan pada hari terakhir Electronic Entertainment Expo 2014, mereka mengumumkan SteamBoy.

SteamBoy adalah kejutan menyenangkan dari perusahaan raksasa yang mencurahkan hidupnya pada industri gaming PC. Walau begitu, beberapa ahli telah memperkirakan bahwa cepat atau lambat, Valve akan mengenalkan produk gaming handheld mereka. Lalu apakah itu berarti Valve perlahan-lahan mulai meninggalkan fokus mereka di PC?

Tidak juga. Malahan sebaliknya, mereka berusaha keras agar PC gaming semakin mainstream, agar ia semakin mudah diakses, agar khalayak casual tidak akan lagi kesulitan untuk bergabung ke dalamnya. Dan untuk SteamBoy sendiri, ia adalah PC yang dirancang agar menyerupai handheld console, serta berjalan di sistem operasi berbasis komputer.

 

Info menarik: Alienware: Steam Machine Buatan Kami Bisa Di-Upgrade

 

Penampilannya sangat unik, SteamBoy tampak seperti percampuran antara Steam Controller dengan PlayStation Vita. Dari gambar-gambar yang dirilis Valve, Steam Boy menawarkan sepasang touchpad, delapan buah tombol action, dua pasang tombol trigger, dan dua tombol tambahan di bagian belakang.

Valve mengaku mereka masih memilah-milih dan merancang hardware yang terbaik untuknya, tapi setidaknya Valve memberikan kita sebuah gambaran kasar: SteamBoy akan ditenagai prosesor quad-core, memori RAM 4GB, layar sentuh dengan rasio aspek 16:9 selebar lima-inci, memori built-in sebesar 32GB, dan diperkirakan akan berjalan di platform SteamOS.

"SteamBoy adalah sebuah perangkat pertama yang memungkinkan Anda memainkan judul-judul permainan Steam saat melakukan perjalanan," jelas Valve dalam sebuah press release. "Anda tetap adapat memainkan game-game favorit di bus, kantor, sekolah hingga saat mengantri di ruang tunggu dokter."

 

Info menarik: Peluncuran Proyek Steam Machines Valve Diundur ke Tahun 2015

 

Valve menyampaikan, "SteamBoy mungkin tidak akan sebertenaga Steam Machines lain yang sudah diumumkan. Sama seperti performa Nintendo DS atau PS Vita yang tidak dapat dibandingkan dengan dengan Wii U atau PlayStation 4. Namun sangat mungkin bagi SteamBoy untuk menjalankan mayoritas game-game yang ada di Steam."

Dengan penjelasan ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa SteamBoy adalah Steam Machines termungil yang dibuat oleh Valve. Ide Steam Machines sendiri saja sudah sangat menarik, apalagi ternyata salah satu di antaranya ditawarkan dengan harga yang terjangkau, ditambah lagi SteamBoy yang menjadi kejutan menyenangkan.

Mungkin seperti Steam Controller, Valve sendirilah yang akan menggarap SteamBoy Machine. Ia akan menjadi salah satu identitas dan primadona proyek Steam Machines. SteamBoy dijadwalkan untuk meluncur di tahun 2015, dengan dukungan konektivitas Wi-Fi dan juga 3G.

Silakan simak teaser-nya di bawah ini:

Via: Pocketgamer.co.uk. Sumber gambar: Escapist Magazine.