Categories

Gadget

Versi Baru Aplikasi Hangout untuk Android, Kini Menjadi Lebih 'Pintar' + Fitur Stiker

Oki Rosgani - 11 December 2014

Berbagai layanan aplikasi instant messaging atau pesan instan kini kian berlomba untuk merebut hati penggunanya, melalui berbagai fitur tambahan yang dijejalkan, mereka seakan saling menunjukkan kemampuannya agar lebih banyak digunakan oleh para pengguna perangkat mobile.

BlackBerry memiliki aplikasi instant messaging populer yang dikenal sebagai BBM atau BlackBerry Messenger kini telah hadir pada hampir semua platform yang ada, BBM telah menawarkan banyak fitur dan layanan seperti fitur enskripsi, BBM Voice, BBM Money dan fitur terbaru yang terakhir dirilis adalah fitur Timer dan pembatalan pengiriman pesan.

Aplikasi WhatsApp juga telah menambahkan fitur baru dimana kini pengguna dapat melihat status dari pesan yang dikirimkan mirip dengan apa yang dimiliki oleh BBM, dimana pesan yang telah dibaca oleh lawan bicara akan memiliki status "read" yang ditampilkan dengan gambar centang berwarna biru. Selain itu aplikasi WhatsApp untuk Android juga kini telah memiliki fitur enskripsi menyusul kerjasama yang dilakukan antara WhatsApp dengan Open Whisper System.

Kini giliran layanan chat milik Google yang mendapatkan pembaruan. Pada perhelatan LeWeb yang berlangsung baru-baru ini, Bradley Horowitz selaku Vice President dari Google+ Product telah mengumumkan keberadaan versi baru dari aplikasi Google Hangout yang telah memiliki beberapa pembaharuan cukup signifikan.

Layanan pesan instan milik Google yang sebelumnya dikenal dengan nama Google Talk itu kini menjadi lebih "pintar" dengan menyertakan fitur yang disebut sebagai "smart location sharing", fitur ini memungkinkan bagi pengguna untuk berbagi informasi lokasi tanpa harus masuk ke aplikasi lain untuk mengirimkan posisi pengguna.

Dengan fitur baru ini, aplikasi Hangout dapat mengetahui posisi pengguna secara otmatis dan memberikan informasi lokasi kita kepada lawan bicara ketika lawan bicara menanyakan posisi kita, atau sebaliknya. Sebuah ikon GPS secara otomatis muncul dibagian bawah sesi percakapan, ketika lawan bicara mengetikan kalimat 'where are you?',  yang jika kita tekan maka lokasi peta akan muncul untuk selanjutnya kita kirim ke lawan bicara kita. Dengan fitur baru ini kita tidak lagi harus membuka aplikasi Google Maps, menandai lokasi dan mengirimkannya melalui Hangout.

Jangan khawatir jika anda tidak ingin posisi Anda diketahui oleh semua lawan bicara di Hangoout, karena Google tidak serta merta menyertakan fitur ini pada semua sesi percakapan, aplikasi Hangout akan terlebih dahulu meminta persetujuan Anda sebelum fitur ini diaktifkan.

 

Info menarik: Ini Dia Facebook Fanpages dan Akun Twitter Brand Telekomunikasi Terbesar di Indonesia Bulan November

 

Selain fitur baru di atas, Google Hangout juga memiliki fitur lain, beberapa diantaranya adalah penambahan 16 buah sticker baru, salah satu dari sticker itu akan muncul secara otomatis ketika pengguna mengetikkan kata atau kalimat tertentu, seperti ketika pengguna mengetikan kata 'Happy Birthday' misalnya, sebuah sticker lucu akan muncul secara otomatis dilayar melengkapi tulisan 'Happy Birthday' tadi.

Fitur lainnya yang hadir pada aplikasi Hangout ini adalah empat buah jenis filter yang bisa diterapkan pada video saat melakukan video chatting, dimana nantinya gambar video yang ditayangkan lawan bicara akan memiliki empat buah jenis filter seperti Hope, Shepia, B/W dan Heatmap.

Selain itu, pengguna Hangout kini dapat memanfaatkan fitur "Last Seen", fitur ini memiliki fungsi untuk  mengetahui kapan lawan bicara aktif menggunakan aplikasi Hangout, fitur ini kurang lebih mirip dengan apa yang telah dimiliki oleh aplikasi WhatsApp.

Selain itu, versi baru Hangout juga memungkinkan aplikasi ini untuk bisa membaca daftar kontak yang ada pada smartphone yang digunakan untuk memudahkan mencari teman yang juga sama-sama menggunakan aplikasi Hangout.

Sayangnya, saat tulisan ini kami buat, aplikasi Google Hangout versi teranyar ini baru  tersedia tersedia hanya untuk platform Android, sehingga aplikasi ini baru dapat diunduh melalui halaman Google PlayStore, menurut kabarnya, aplikasi Hangout untuk platform iOS akan segera menyusul kemudian.

Sumber: BGR dan G+. | Gambar Header: Google Hangout via Shutterstock. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter