1. DScovery

Virtual: Pengertian, Jenis dan Contohnya Bentuk Komunikasi di Masa Modern

Kemudahan akses dan efektivitas biaya yang lebih murah menjadi alasan utama mengapa komunikasi virtual cocok digunakan di masa modern seperti sekarang ini.

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan kita untuk melakukan berbagai hal secara lebih mudah. Salah satu contohnya adalah kemudahan dalam melakukan komunikasi.

Jika dahulu kita memerlukan waktu, biaya, dan tenaga untuk melakukan komunikasi jarak jauh, maka kini kita bisa melakukannya secara virtual dengan bantuan perantara internet, handphone, maupun aplikasi. Meski komunikasi virtual bersifat maya, namun kita tetap dapat merasakan pengalaman berkomunikasi seperti nyata.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan virtual dan kenapa komunikasi jenis ini cocok digunakan di masa modern?

Pengertian Virtual

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, virtual adalah sesuatu yang bersifat nyata dan hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer. Sederhananya, virtual dapat diartikan sebagai teknologi yang membuat penggunanya dapat berkomunikasi dengan orang lain secara jarak jauh, seolah-olah bertemu secara langsung di dunia nyata.

Virtual dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang, baik pendidikan, sosial, kesehatan, kebudayaan, ekonomi, dan lain sebagainya. Media yang digunakan juga beraneka ragam, seperti smartphone, komputer, laptop, notebook, dan masih banyak lagi.

Selain media yang telah disebutkan di atas, komunikasi virtual juga tidak akan dapat terwujud tanpa bantuan aplikasi. Jika handphone dan internet merupakan media yang digunakan, maka aplikasi berperan sebagai ruang tempat terjadinya komunikasi antara dua pihak atau lebih.

Jenis Komunikasi Virtual

Komunikasi virtual dibedakan digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan kepentingan dan metode yang digunakannya.

Jenis Komunikasi Virtual Berdasarkan Metode yang Digunakan

1. Voice Call

Voice call merupakan komunikasi secara virtual yang dilakukan dengan cara bertukar suara via telepon. Jika dahulu voice call hanya dapat digunakan oleh dua perangkat yang saling tersambung, kini berkat kemajuan teknologi, voice call dapat dilakukan oleh lebih dari dua orang secara bersamaan.

2. Chatting

Pada dasarnya, chatting memiliki kesamaan dengan SMS, di mana seseorang dapat berbagi chat atau obrolan dalam bentuk tulisan dengan lawan bicaranya. Bedanya, sekarang chatting dapat dilakukan secara unlimited dengan bantuan aplikasi, seperti WhatsApp, Line, iMessage, dan lain sebagainya.

3. Video Call

Video call merupakan panggilan video yang saling terhubung. Dengan video call, kamu bisa mengetahui keadaan lawan bicaramu melalui layar handphone atau komputer.

4. Video

Terakhir, komunikasi virtual juga dapat dilakukan dengan bantuan video. Metodenya, kamu bisa berbagi rekaman video kepada lawan bicaramu dengan menggunakan aplikasi. Berbeda dengan video call, komunikasi melalui video dilakukan secara tidak langsung.

Jenis Komunikasi Virtual Berdasarkan Kepentingannya

1. Formal

Komunikasi formal biasa dilakukan dalam acara formal atau resmi. Tujuannya, untuk menyampaikan suatu pesan yang terkait dengan suatu kepentingan.

2. Informal

Sebaliknya, komunikasi informal merupakan komunikasi virtual yang bersifat pribadi. Komunikasi ini biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan sosial.

3. Kelompok

Komunikasi virtual kelompok biasanya dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam kelompok atau regu.

4. Jaringan Kerja

Jaringan kerja merupakan komunikasi virtual yang berkaitan dengan keperluan pekerjaan. Biasanya, jaringan kerja digunakan perusahaan dengan alat komunikasinya sendiri, seperti email atau platform khusus.

Kelebihan Menggunakan Komunikasi Virtual

Komunikasi virtual menawarkan berbagai kelebihan yang bermanfaat untuk memudahkan pekerjaanmu. Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan komunikasi virtual.

1. Lebih Cepat

Komunikasi virtual memberikan solusi atas permasalahan komunikasi jarak jauh yang dahulu dianggap lama. Dengan virtual, kamu dapat mengirim pesan maupun menerima balasan dari siapa pun secara cepat. Bahkan, komunikasi virtual mampu mencakup seluruh penjuru dunia tanpa terhalang batas negara.

2. Biaya Lebih Murah

Salah satu kemudahan berkat adanya teknologi virtual adalah berkomunikasi bukan lagi dianggap sebagai sesuatu yang mahal. Jika dahulu orang-orang perlu mengeluarkan biaya lebih untuk berkomunikasi ke luar negeri, namun kini kamu hanya perlu membeli akses internet yang tentunya jauh lebih murah untuk melakukannya.

3. Mudah Digunakan Tanpa Batas

Internet memungkinkan untuk mengakses segala jenis informasi dan berkomunikasi tanpa batas ke seluruh belahan dunia. Bahkan, kamu tidak perlu takut lagi terhalang batas negara dalam melakukannya.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai virtual yang telah dirangkum oleh DailySocial.id. Kemudahan akses dan efektivitas biaya yang lebih murah merupakan alasan utama mengapa komunikasi virtual cocok digunakan di masa modern seperti sekarang ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again