1. Lifestyle

Versi Preview Terbaru Windows 10 Pamerkan Sinkronisasi Antara Ponsel Android dan PC

Anda bisa browsing di smartphone, lalu membuka situsnya di PC dengan beberapa klik saja

Microsoft Cloud Clipboard yang diperkenalkan pada bulan Mei lalu merupakan salah satu upaya Microsoft dalam menyajikan pengalaman komputasi yang tersinkronisasi antar perangkat (smartphone dan komputer). Upaya lainnya bisa kita lihat pada versi preview terbaru Windows 10, yakni Build 16251 yang sudah bisa dinikmati oleh para Insider.

Dalam versi ini, Microsoft menunjukkan bagaimana pengguna dapat menyambungkan ponsel Android dengan PC-nya, memungkinkan mereka untuk melanjutkan apa yang dimulainya di ponsel di layar yang lebih besar. Contoh skenario yang paling gampang adalah browsing.

Pengguna nantinya dapat mengunduh aplikasi bernama Microsoft Apps di ponselnya masing-masing. Selanjutnya, ketika mereka sedang browsing dan ingin membuka situs tersebut di PC, mereka tinggal mengakses menu sharing dan memilih opsi “Continue on PC”.

Dari situ akan muncul dua pilihan: “Continue now” atau “Continue later”. Pilihan yang pertama akan langsung membuka situs tersebut di browser PC yang terhubung secara otomatis, sedangkan pilihan kedua akan menempatkan situs tersebut di Action Center. Tentu saja, fitur ini mengharuskan pengguna login dengan akun Microsoft yang sama di ponsel dan PC-nya.

Belum ada informasi kapan fitur ini juga akan tersedia untuk iPhone, sebab aplikasinya hanya bisa diunduh lewat link yang dikirim melalui SMS setelah pengguna menghubungkan ponsel Android-nya ke PC, dan untuk sementara juga terbatas pada aktivitas browsing saja. Semua ini tentu bakal disempurnakan saat fiturnya sudah siap untuk versi non-preview nanti.

Selain itu, Build 16251 juga menghadirkan penyempurnaan untuk Cortana, dimana pengguna kini bisa melihat hasil pencarian tanpa perlu membuka browser terlebih dulu. Saat melakukan pencarian soal prakiraan cuaca, Cortana akan langsung menampilkan hasilnya di sebelah jendela pencarian, seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas.

Terakhir, Cortana kini bisa diinstruksikan untuk me-restart atau mematikan perangkat. Jadi semisal kedua tangan Anda benar-benar sibuk dan Anda lupa mematikan perangkat, Anda hanya perlu bilang “Hey Cortana, turn off PC,” atau “Hey Cortana, restart PC,” lalu jangan lupa katakan “Yes” saat Cortana meminta konfirmasi.

Sumber: The Verge dan Microsoft.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again