1. Lifestyle

Fitur Timeline untuk Windows 10 Bakal Tersedia Setelah Fall Creators Update

Dirancang untuk memudahkan pengguna berpindah dari satu perangkat ke yang lain selagi melanjutkan apa yang dikerjakannya

Sekitar bulan September nanti, Microsoft akan merilis Windows 10 Fall Creators Update. Update tersebut menawarkan sejumlah fitur baru yang cukup menarik, seperti misalnya Windows Story Remix dan Microsoft Cloud Clipboard. Cloud Clipboard ini sangat menarik karena pada dasarnya pengguna dapat melakukan copy-paste antar perangkat Windows, Android dan iOS.

Kesinambungan antar perangkat dan platform ini tidak berhenti sampai di copy-paste saja, karena Microsoft juga sudah menyiapkan fitur bernama Timeline. Fitur ini sejatinya dirancang untuk memudahkan pengguna berpindah dari satu perangkat ke yang lain selagi lanjut mengerjakan sesuatu atau membuka aplikasi yang pernah diakses sebelumnya.

Cara kerjanya cukup mirip seperti fitur Continuity yang Apple ciptakan untuk iOS dan macOS, dimana pengguna bisa mengerjakan suatu dokumen di iPhone, lalu lanjut menyelesaikannya di iMac dengan satu klik saja. Yang membedakan, Timeline untuk Windows 10 ini berfungsi antar platform berkat eksistensi Cortana di Android dan iOS.

Timeline nantinya dapat diakses dengan mengklik tombol Task View di Windows 10. Di situ akan ditampilkan deretan aplikasi yang sedang berjalan di seluruh perangkat Windows 10, Android dan iOS yang terhubung, sehingga pengguna dapat melanjutkan apa yang mereka kerjakan sebelumnya dalam sekejap.

Menarik, tapi kapan fitur ini bisa kita nikmati? Well, sayangnya fitur ini tidak akan hadir bersama Windows 10 Fall Creators Update. Menurut penjelasan yang diberikan langsung oleh Joe Belfiore selaku salah satu petinggi Microsoft, fitur ini rencananya bakal diuji setelah update tersebut dirilis ke publik. Singkat cerita, paling cepat ya akhir tahun atau malah tahun depan.

Sumber: The Verge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again