23 May 2014

by Yoga Wisesa

Windows 7 Tetap Akan Dipasarkan Untuk Pemerintah Tiongkok

Menurut data analis, sekitar separuh pasar PC desktop di Negeri Tirai Bambu masih memanfaatkan Windows XP sebagai platform utama pengoperasiannya. Entah kebetulan atau tidak, saat Microsoft mengumumkan bahwa mereka tidak lagi akan mendukung sistem keamanan OS ini, Tiongkok meresponnya dengan pelarangan penggunaan Windows 8 di PC pemerintahan.

Pengumuman penghentian dukungan keamanan di platform Windows XP memang membuat banyak kalangan kebingungan - baik pemerintahan, korporat maupun individual.

Bagaimana tidak, 95 persen mesin ATM di seluruh dunia saja masih berjalan di Windows XP. Migrasi ke Windows 8 akan memakan biaya yang sangat tinggi, dan Vista bukanlah solusi produktif. Alternatifnya adalah memasarkan versi Windows 7.

Kantor berita Xinhua menjelaskan bahwa keputusan Microsoft di atas membuat banyak pengguna Windows XP khawatir terhadap potensi serangan peretas, walaupun perusahaan-perusahaan raksasa keamanan di Tiongkok berjanji untuk menyediakan bantuan untuk menjaga mereka dari resiko tersebut. "Pemerintah Tiongkok tentu saja tidak bisa mengabaikan hal itu tanpa jaminan dukungan teknis," tutup mereka.

Jika Anda membaca artikel Trenologi sebelumnya, Microsoft sempat mengungkapkan bagaimana mereka selalu berupaya menyediakan layanan Windows 7 pada target pasar kelas pemerintahan. Kita bisa melihat bahwa mereka pun tidak mau menyerah. Apalagi sebelumnya mereka telah bekerja sama dengan Central Government Procurement Center Tiongkok untuk memastikan OS andalannya memenuhi seluruh standar pengadaan barang.

 

Info menarik: Microsoft Mobile Hadirkan Promo Game Gratis dari Gameloft

 

Dengan hanya satu jenis sistem operasi - yaitu Windows 7 - yang dapat Microsoft pasarkan di negara dengan penduduk terbanyak dunia itu, maka bisa jadi produsen-produsen platform berbasis Linux lokal mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk bermanuver di pasar itu. Beberapa nama yang cukup sering terdengar adalah Kylin dan StartOS.

Pemerintah Tiongkok dan perusahaan Microsoft sendiri memiliki hubungan yang manis-pahit. Microsoft melihat Tiongkok sebagai pasar yang sangat potensial, dengan penduduk yang besar, Tiongkok memberikan gambaran tentang distribusi dan penjualan sistem operasi di lini global. Sayangnya, angka pembajakan di sana juga sangat tinggi.

Saat masih dipimpin oleh Steve Ballmer, Microsoft melaporkan keuntungan penjualan OS di Tiongkok bahkan lebih kecil dibandingkan di Belanda - dengan populasi hanya 16 juta jiwa.

Dukungan umum Microsoft terhadap Windows XP telah berakhir di tahun 2009 tanpa Service Pack baru, dan semenjak itu dimulailah fase Extended Support. Meskipun demikian. Microsoft masih menyediakan update keamanan tiap bulan - tanpa dukungan teknis gratis dan klaim garansi. Tapi akhirnya, Extended Support ditiadakan terhitung tanggal 8 April 2014, lebih dari 12 tahun semenjak perilisan pertamanya.

Artikel diolah dari Ubergizmo, The Verge, dan BBC. Gambar header: Windows7SupportNow.com.