6 August 2014

by Yoga Wisesa

Windows 9 Akan Menghadirkan Fitur Virtual Desktop?

Walaupun bisa dibilang masih berada pada tahap awal pengembangannya, kita telah mendapatkan cukup banyak informasi detail tentang sistem operasi teranyar buatan Microsoft yang kabarnya segera dirilis awal tahun nanti: Windows 9 alias Threshold. Berkaitan dengannya, ada sebuah fitur lagi yang tampaknya akan Micosoft tambatkan ke OS tersebut.

Dilaporkan oleh Neowin, Microsoft mempertimbangkan untuk menyajikan Threshold dengan kemampuan virtual desktop. Fitur yang sudah hadir dalam platform Ubuntu dan OS X itu kini sedang diuji coba, dan mungkin diaplikasikan dengan metode yang hampir serupa dengan OS berbasis Linux tersebut. Anda bisa mengaktifkan dan mengakses desktop berbeda dengan tombol di taskbar atau shortcut sejenis.

Virtual desktop menawarkan tampilan 'desktop' terpisah dimana Anda bisa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, tapi tetap mudah mengakses semuanya. Kemampuan ini sangat membantu kita untuk tetap fokus dan terorganisir. Misalnya saja, dalam virtual desktop pertama Anda membuka Outlook, dan di desktop lain Anda mengaktifkan Chrome. Keduanya akan berjalan di desktop masing-masing agar perhatian pengguna tidak mudah teralihkan.

Seperti inilah tampilan virtual desktop di Ubuntu.

 

Info menarik: [Rumor] Screenshot Microsoft Windows 9 ‘Threshold’ Muncul di Internet

 

Konsepnya memang sederhana, tapi sejauh ini virtual desktop diusung karena mampu meningkatkan produktivitas. Fitur tersebut sempurna diterapkan ke perangkat-perangkat dengan layar lebih kecil, karena aplikasi yang berjalan bisa dikelola agar tidak menyesaki tampilan. Virtual desktop juga merupakan solusi murah bagi Anda yang belum memiliki dana untuk membeli PC dengan multi-display.

Jika virtual desktop benar-benar akan disajikan dalam Threshold, maka upgrade ke sistem operasi baru ini layak menjadi pertimbangan, terutama untuk kita yang masih menggunakan Windows 7 atau Vista. Sebelumnya, Microsoft dikabarkan ingin agar Windows 9 kembali dapat memanjai dan menjadi andalan pengguna desktop seperti Windows 7.

 

Info menarik: Seperti Windows 7, Windows 9 Dibuat Untuk Memanjai Pengguna Desktop

 

Sebelum Anda terlalu bersemangat dengan berita ini, perlu kita ingat bahwa ada kemungkinan fitur-fitur OS baru yang telah kita dengar mungkin tidak hadir dalam update atau versi retail. Tapi Neowin berani bilang bahwa virtual desktop pada Windows 9 bukanlah sekedar ekperimen. Mereka telah menyaksikannya sendiri, dan melaporkan masih terdapat banyak bug yang harus Microsoft singkirkan.

Dengan Threshold, Microsoft mencoba mengintegrasi desain modern yang hadir dalam Windows 8 dengan kesederhanaan serta penggunaan intuitif Windows 7. Windows 9 atau codename-nya, Threshold, bukanlah nama resmi. Hingga kini Microsoft belum mengkonfirmasi nama yang akan mereka gunakan. Bahkan dalam screenshot Threshold yang 'bocor' beberapa minggu lalu, Microsoft masih mengusung label Windows 8.

Selain virtual desktop, fitur lain yang mungkin akan hadir dalam Windows 9 adalah app Live Tiles yang dapat berjalan di window, dan juga kombinasi tampilan Start Menu dengan Metro UI yang bisa dikutomisasi.

Via Ubergizmo. Gambar header: Geeknado.com. Gambar lain: Arstechnica.