16 November 2012

by Andi Miftachul

Windows Dukung Pengembang Aplikasi Windows 8 Dengan Bangun Windows Store App Labs

Microsoft melakukan langkah serupa dengan Research in Motion (RIM) dalam merangkul pengembang. RIM berencana akan membangun Blackberry Tech Center di seluruh dunia untuk membantu pengembang dalam mengembangkan aplikasi untuk Blackberry 10. Microsoft melakukan langkah yang sama dengan membangun Windows Store App Labs di 30 kota di seluruh dunia.

Microsoft telah membuka Windows Store App Labs yang pertama di San Fransisco. Windows Store App Labs lainnya akan segera di buka di seluruh dunia. Kota-kota seperti New York, Toronto, London, Paris, Berlin, Shanghai, dan Bangalore akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu lokasi Windows Store App Labs ini. Di Asia Tenggara, Windows Store App Labs akan dibuka di Kuala Lumpur, Malaysia, Vietnam dan Filiphina.

Windows Store App Labs didesain untuk membantu pengembang perseorangan maupun startup untuk mengembangkan dan menguji apkikasi mereka pada platform Windows 8. Dalam pembukaan Windows Store App Labs di masing-masing lokasi, Microsoft menggelar sebuah acara selama 4 jam yang dapat diikuti oleh pengembang secara gratis. Dalam acara tersebut pengembang akan mendapatkan bimbingan teknis yang mendalam dan bantuan dalam mendesain aplikasi mereka hingga bisa meluncurkan aplikasi ke Windows Store.

Sebelumnya, minggu lalu Microsotf juga telah menggelar Wowzapp Hackathon untuk meningkatkan pertumbuhan aplikasi untuk platform Windows 8 mereka. Saat ini, menurut perkiraan Win App Update, ada total 15.968 aplikasi Windows 8 yang dapat ditemukan di Windows Store secara global. Jumlah ini tentunya masih ketinggalan jauh dibandingkan dengan Android dan iOS, yang mempunyai sekitar 700.000 aplikasi.

Via : TechCrunch.