1. Lifestyle

Wolfram Hadirkan Versi Cloud Software Komputasi Canggih Mereka, Mathematica Online

Mathematica ialah sebuah software penghitung yang digunakan di berbagai bidang ilmiah, teknik, komputer hingga - seperti namanya - matematika. Dibuat oleh ahli fisika teoritis bernama Stephen Wolfram, Methematica dikagumi karena elegan dan mudah dipakai. Setelah bertahun-tahun dikembangkan, Wolfram meluncurkan versi online-nya.

Software ini memanfaatkan sebuah bahasa pemrograman bernama Wolfram Language. Jangkauannya sangat luas, ia dirancang agar dapat dipakai untuk segala kebutuhan seperti contohnya menciptakan grafis dan visualisasi suara, menganalisa model bidang 3D hingga menyelesaikan soal kalkulus diferensial.

Mathematica telah digunakan selama lebih dari 25 tahun, dan di awal minggu ini, akhirnya ia tersedia secara cloud. Anda hanya perlu membuka browser favorit, kemudian log-in, Mathematica bisa langsung diakses tanpa perlu setting konfigurasi. Tidak masalah jenis device-nya, Anda dapat langsung menciptakan dokumen computable, mengolah teks, grafis dan lain-lain secara interaktif.

 

Info menarik: Software imitone, Membuat Anda bisa Memainkan Musik dengan Gumaman dan Siulan

 

Karena terhubung melalui koneksi internet, Mathematica Online memang tidak semulus versi desktop. Contohnya fungsi Manipulate, proses mungkin tidak secepat di sana. Namun berkat perluasan dukungan interface computable document format (CDF) di sistem cloud, Anda bisa langsung mencantumkannya di laman website tanpa memerlukan plugin tambahan.

Dengan sistem cloud, file dan dokumen milik Anda tersimpan online, dan berbeda dari versi desktop, ia memungkinkan pengguna mengaksesnya dari manapun. Hebatnya lagi, kita bisa memberi izin kepada pengguna lain untuk membukanya. Sebagai contoh, seorang profesor dapat menciptakan buku catatan di cloud untuk disalin oleh para mahasiswa, dan mereka akan mendapatkan update terbaru setelah sang profesor menambahkan/mengedit isinya.

Bukan hanya notebook dan PC biasa, Mathematica Online juga mendukung perangkat mobile. Tim Wolfram sedang meracik sebuah app berisi interface dasar Mathematica Online untuk tablet dan smartphone. Tapi bagaimana jika kita sudah memiliki software desktop-nya? Stephen Wolfram menghimbau Anda mencobanya juga. Kedua tipe software terintegrasi dengan sangat mulus: ciptakan file dari desktop, simpan di Wolfram Cloud. Kini ia dapat diakses dimana-mana.

 

Info menarik: Silakan Simak 21 Screenshot Bocor Terbaru Microsoft Windows 9 ‘Threshold’

 

Wolfram menjelaskan, semenjak Mathematica diperkenalkan seperempat abad lalu, ia mempunyai niatan agar software tersebut tersedia secara luas. Dan berkat teknologi yang ada sekarang, akhirnya visi itu terpenuhi. Mathematica Online membuka jalan bagi beberapa pengguna untuk berkolaborasi, hingga menciptakan ruang kelas 'digital'. Satu hal lagi, file Mathematica Online bisa diunduh dan digunakan secara offline via desktop.

Dalam beberapa bulan ke depan, Stephen dan tim Wolfram Research berencana meluncurkan produk-produk berbasis teknologi serupa seperti Wolfram Discovery Platform dan Wolfram Data Science Platform.

Silakan kunjungi websiteMathematica dan Mathematica Online untuk informasi lebih lengkap. Ia ditawarkan dalam berbagai varian harga, silakan lihat daftarnya di sini. Mathematica versi 10 sendiri tersaji di platform Windows, Mac & Linux.

Sumber: Blog Wolfram. Gambar: Mathematica.Stackexchange.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again