17 February 2015

by Glenn Kaonang

WonderCube, Aksesori Smartphone Serba Bisa dalam Wujud Kubus yang Amat Ringkas

Ketika kita semakin sering mengandalkan smartphone dalam kegiatan sehari-hari, acap kali aksesori pendukung yang dibutuhkan semakin banyak pula. Mulai dari power bank, stand sampai memory eksternal harus kita simpan baik-baik agar bisa terus mendampingi smartphone kita sehari-harinya.

Apakah tidak ada solusi all-in-one yang lebih praktis? Ada, banyak bahkan, akan tetapi biasanya perangkat tersebut bisa berukuran lebih besar ketimbang sang smartphone. Hadirlah WonderCube, sebuah aksesori smartphone serba bisa dalam kemasan kubus super mungil.

Dimensi WonderCube hanyalah 1 inci; begitu kecilnya sampai-sampai ia bisa Anda jadikan sebagai gantungan kunci. Akan tetapi, WonderCube menyimpan sejuta rahasia di balik wujud mungilnya – oke, bukan sejuta, tapi tetap saja banyak.

Info menarik: Aksesoris Ini Bisa Membuat Kamera GoPro Menempel di Belakang Smartphone

Yang pertama, WonderCube bisa merangkap menjadi kabel data untuk smartphone – tersedia dua opsi, yakni micro USB atau Lightning untuk perangkat iOS. Di sisi sebaliknya, sebuah colokan USB akan muncul dan siap ditancapkan ke adaptor, power bank atau komputer untuk keperluan memindah data.

Kedua, WonderCube dapat Anda jejali micro SD hingga kapasitas 64 GB. Apa gunanya? Menjadi sebuah USB flash drive sekaligus sebagai ekspansi storage untuk perangkat Android yang mendukung fungsi USB OTG (on-the-go). Cara kerjanya? Tancapkan saja langsung ke port micro USB milik smartphone, dan seluruh data di dalamnya dapat langsung diakses.

Ketiga, WonderCube juga bisa difungsikan sebagai stand untuk smartphone. Pada satu sisinya, terdapat pelat yang dipenuhi micro suction cup di permukaannya. Dengan demikian, WonderCube dapat Anda tempelkan di smartphone, menjadi stand untuk digunakan dalam berbagai posisi.

Keempat dan yang menurut saya paling menarik adalah kemampuannya menjadi sumber tenaga darurat untuk smartphone. Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana perangkat sekecil ini bisa memberikan energi untuk smartphone yang berlipat-lipat ukuran fisiknya?

WonderCube mengusung sebuah adaptor untuk baterai 9V di satu sisinya. Nah, sumber tenaga itu datang dari baterai 9V yang tentunya bisa Anda beli dengan mudah di berbagai tempat. Pihak pengembang WonderCube mengklaim daya baterai ekstra yang diberikan bisa mencapai 3,5 jam waktu bicara.

Info menarik: TextBlade Adalah Aksesori Keyboard dengan Teknologi MultiTouch

Terakhir, meskipun tidak terlalu penting, WonderCube juga dibekali senter LED kecil di satu sisinya. Menurut pihak pengembangnya, Anda bisa memanfaatkan senter kecil ini sebagai penerangan di saat Anda kesulitan mencari lubang kunci ‘misterius’ di kegelapan – sekali lagi, WonderCube dilengkapi lubang kecil untuk dikaitkan menjadi gantungan kunci.

Satu-satunya kekurangan WonderCube adalah ketersediaannya. Anda baru bisa melakukan pre-order saat kampanye penggalangan dananya di Kickstarter berlangsung pada tanggal 9 Maret nanti. Pihak pengembangnya juga masih enggan memberikan informasi mengenai harganya.

Via: SlashGear.