1. Startup

World Bank : Tidak Mudah Berbisnis di Indonesia

Sebuah laporan dari World Bank mencoba menganalisa apakah Indonesia merupakan lahan yang bagus untuk memulai bisnis. Bisnis ini berlaku untuk entrepreneur dan juga untuk perusahaan dari luar Indonesia yang ingin berinvestasi (masuk) ke Indonesia.

Di laporan yang bertajuk "The Ease of Doing Business in Indonesia 2012" ini, Indonesia menempati urutan ke 129 dari total 183 negara. Bukan sebuah hal yang bisa dibanggakan, terutama jika mengingat bahwa posisi Indonesia ini turun 3 peringkat dibandingkan dengan data yang sama tahun 2011.

Faktor - faktor seperti pembuatan perusahaan, infrastruktur (listrik, telepon, dll) dan struktur pajak merupakan 3 poin dimana Indonesia sangat lemah dibandingkan negara lain. Namun poin-poin seperti kebijakan proteksi untuk investor dan transaksi antar-negara dinilai cukup baik di Indonesia.

Mengingat industri kreatif dan digital yang sedang tumbuh di Indonesia, ada baiknya pemerintah bisa mulai berperan aktif dalam mendukung industri ini sekaligus melindungi pemain dan konsumennya di Indonesia. Saya sempat menulis beberapa hal yang harus segera dilakukan oleh pemerintah, yang juga senada dengan laporan dari World Bank ini.

Laporan selengkapnya dari World Bank bisa diunduh melalui tautan berikut (PDF)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again