30 June 2014

by Yoga Wisesa

Xenom Luncurkan Siren SR14i, Gaming Notebook Lokal Pertama Bersenjata Chip Grafis Intel

Informasi tentang notebook gaming Xenom bertenaga chip grafis Intel sudah muncul semenjak berbulan-bulan lalu. Namun saat versi berkartu grafis Nvidia mobile mendapatkan update, Xenom tampaknya tak mau terburu-buru dalam memasarkan dan mempublikasikannya. Akhirnya setelah cukup lama dinanti, Siren SR14i sudah bisa dimiliki para gamer antusias.

Yang membedakan Siren SR14i dengan produk notebook Xenom lain adalah penggunaan chip grafis integrated Intel 5200 Iris Pro. Dengan AMD dan Nvidia yang menjadi penyetok komponen grafis terbesar saat ini, mungkin kita akan mempetanyakan keputusan Xenom untuk memilih Intel sebagai penyedia salah satu bagian terpenting dalam notebook gaming.

Performa Iris Pro memang jarang terdengar, namun ia bisa dibilang merupakan GPU integrated terkuat buatan Intel. Kemampuannya pernah Xenom pamerkan pada awal peluncuran brand ini di Indonesia. Saat itu, Xenom memperlihatkan sebuah laptop ber-codename Siren yang mampu menjalankan game Crysis 3 dengan Grid 2 secara berbarengan - hanya terpisahkan tombol Alt-Tab.

Tidak ada yang menyangka laptop yang dibuat dengan sedemikian tipis mampu melakukan hal menakjubkan tersebut, apalagi ia tidak ditenagai oleh chip besutan Nvidia dan AMD. Pada ajang Indocomtech 2013, Xenom sempat menjelaskan bagaimana desain sistem pendingin juga sangat berpengaruh pada tingkat performa yang dapat dihadirkannya. Tapi lagi-lagi, belum ada informasi lebih detail soal Siren. Hingga kini.

 

Info menarik: Seri GPU Nvidia GeForce GTX 800M Kini Turut Mentenagai Notebook Gaming Xenom

 

Siren SR14i merangkul desain form factor yang ramping, tipis dan stylish. Seperti MSI GS60 dan Razer New Blade, Siren SR14i bukan hanya cocok digunakan oleh gamer hardcore, tapi juga kalangan profesional. Bobotnya hanya 1,6 kilogram dengan tebal 2,1 sentimeter.

Anda mendapatkan layar 14- inci berpanel IPS LED-backlit dengan rasio 16:9 dan resolusi HD+ 1600x900 atau layar full-HD 1920x1080 untuk varian Advanced-nya. Layar ini jernih, akurat, tajam, dan didukung fitur anti-glare.

Dengan memanfaatkan Intel Iris Pro Graphics 5200, itu berarti ia memiliki memori eDRAM berkapasitas 128MB serta didukung Intel Dynamic Video Memory Technology yang memberikan performa dua kali lebih gesit dari GPU mobile terbaru yang ada saat ini. Kombinasi Iris Pro 5200 dan prosesor Intel Core i7-4750HQ juga menawarkan peningkatan grafis 75 persen lebih tajam (dan lebih cepat) dibandingkan Intel Graphics versi sebelumnya.

Selain itu, Siren SR14i juga memiliki memori DDR3 SDRAM 8GB 1600MHz, penyimpanan SSD sebesar 128GB dengan opsi hard disk tambahan. Sebagai konektivitasnya, Xenom membenamkan fungsi Wi-Fi, Bluetooth Combo Module, sebuah port HDMI (dengan HDCP), sebuah Mini Display Port 1.2, tiga buah port USB 3.0, sebuah LAN port dan jack audio 3,5 milimeter. Xenom tidak lupa melengkapi Siren dengan web-cam HD - dengan sepasang speaker bult-in dan sebuah mic.

 

Info menarik: Xenom: Sistem Pendingin Adalah Bagian Terpenting Dalam Notebook Gaming

 

Lalu bagaimana dengan ketahanan baterainya? Sang GM Xenom, Rolly Edward, menjelaskan, "Kekuatan grafis yang tajam dan jernih membuat Siren SR14i cocok bagi gamer freak ataupun pekerja kreatif seperti desainer grafis, video editor, animator 3D hingga arsitek. Ketahanan baterai juga ditambah hingga lima jam aktif, di atas rata-rata notebook yang hanya bertahan hingga 3-4 jam."

Xenom Siren SR14i sudah bisa dibeli dari Paziashop.com dan Pemmz.com. Rencananya, ia juga akan hadir melalui distributor-distributor lain - Lazada.co.id, Bhinneka.com, Blibli.com - dalam waktu dekat.

Seperti notebook gaming besutan mereka lainnya, Xenom berusaha untuk menekan harga semurah-murahnya. Versi standar Siren SR14i dapat Anda miliki dengan harga Rp 15,5 juta, dan versi Advanced-nya ditawarkan seharga Rp Rp 16,5.