1 October 2013

by Yoga Wisesa

Xi3 Piston: PC A la Console Berperforma Monster

Saat Valve samar-samar mengumumkannya di Consumer Electronic Show lalu, banyak orang mengira PC mungil berperforma tinggi ini adalah salah satu varian apa yang kita kenal dengan nama Steam Box. Namun beberapa bulan setelah itu, terdapat kabar bahwa Xi3 dan Valve akhirnya memutuskan untuk berjalan ke arah yang berbeda. Hingga beberapa jam lalu, akhirnya Xi3 meresmikan Piston - PC berukuran console mereka - yang akan mendarat akhir tahun ini.

Mungkin ini sebabnya Valve tidak berbicara banyak tentangnya hingga akhirnya pengumuman trinitas raksasa (SteamOS, Steam Machines dan Steam Controller) yang mereka lakukan minggu lalu. Dan sepertinya Valve tetap setia pada ucapan mereka: mengusung konsep open-source dimana semua produsen hardware dan developer dipersilakan berpartisipasi.

Banyak orang masih bingung dengan istilah Steam Box, Steam Machines, dan kemudian bertanya-tanya: apalagi itu Xi3 Piston? Begini, konsep Steam Box akhirnya meluas (atau naik level) ke Steam Machines, Valve tidak lagi menggunakan Piston sebagai 'entitas' Steam Box mereka karena kedua perusahaan ini memutuskan untuk tidak meneruskan proyek mereka. Piston sendiri adalah sebuah sistem PC yang disajikan berukuran console, tetapi berbeda dengan console, para desainer di Xi3 menjanjikan kemampuan modular dimana Anda bisa meng-upgrade hardware-nya dari waktu ke waktu.

Saya tadi sempat menyebutkan 'performa monster', dan saya tidak melebih-lebihkan. Di dalam ukuran kotak mungil empat-incinya, Piston dipersenjatai chip x86 quad-core buatan Advance Micro Devices berkecepatan 3,2GH, RAM sebesar 8GB dan penyimpanan solid-state drive sebesar 128GB - yang bisa diekspansi hingga 1TB. Satu hal yang bisa dibilang cukup 'gila' adalah Xi3 Piston memiliki 12 port USB dan mendukung hingga tiga buah monitor dengan port mini-DP, HDMI dan DisplayPort. Tidak lupa, bersamanya Anda juga mendapatkan resolusi 4K.

Satu hal yang menarik adalah, walaupun Valve dan Xi3 kini berdiri sendiri, para perancang Piston memastikan PC berukuran console-nya ini mendukung penuh SteamOS dan Steam Controller. Xi3 Piston akan dirilis hampir bersamaan dengan peluncuran console next-gen, tepatnya tanggal 29 November. Saya penarasan ingin melihat apakah peluncurannya akan mempengaruhi penjualan console-console baru tersebut. PC mungil ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, US$ 999 - saya bertanya-tanya mungkinkah hal ini juga yang membuat Valve memutuskan kerjasama mereka?

Xi3 tidak lupa menyebutkan bahwa pengguna dibebaskan untuk menggunakan platfrom sistem operasi manapun, termasuk SteamOS. Apakah itu juga berarti SteamOS akan dirilis akhir tahun ini?

Terimakasih pada TechRadar. Sumber gambar utama: Xi3.com.