29 March 2016

by Bambang Winarso

Xiaomi Geber M2 SE untuk Jegal iPhone SE? (Update)

Seperti iPhone SE, Xiaomi M2 SE bakal mengemas body ramping namun dengan jeroan gahar

Update: perkembangan terbaru menunjukkan titik terang perihal rumor ini, di mana foto perangkat yang diduga adalah M2 SE ternyata palsu. Foto tersebut aslinya merupakan hasil modifikasi dari foto handson Xiaomi Mi 5 yang dijepret oleh Theverge.

Pun demikian, rumor bahwa Xiaomi sedang mempersiapkan penjegal iPhone SE tak boleh dikesampingkan begitu saja. Hanya saja, yang dimaksudkan mungkin bukan perangkat dalam foto yang tersebar luas ini.

Xiaomi tampaknya tak berniat membuat Apple melaju nyaman pasca meluncurkan iPhone SE beberapa waktu lalu. Dikabarkan oleh GizmoChina, pabrikan perangkat asal Tiongkok yang sudah sejak lama disebut-sebut sebagai pesaing Apple itu sedang mempersiapkan smartphone baru berukuran 4,3 inci, Xiaomi M2 SE untuk menjegal iPhone SE.

Sebagai penyegar ingatan, iPhone SE adalah smartphone generasi terbaru dari iPhone yang berbeda total, di mana alih-alih melebarkan layar, Apple justru memangkas penampangnya menjadi 4 inci. Untuk keputusannya itu, Apple punya alasan tersendiri dan sejauh ini tampaknya terbukti benar. Tak kurang dari 3,4 juta unit perangkat telah dipesan hanya di Tiongkok.

Besarnya minat konsumen terhadap iPhone SE tampaknya menjadi alasan mengapa Xiaomi “gatal” untuk kembali melakukan interupsi. Dikatakan lebih jauh, seperti halnya iPhone SE, Xiaomi M2 SE bakal mengusung spek yang hebat berbalut layar compact. Disebutkan bakal ada chipset Snapdragon 820 yang diduetkan dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Resolusi layarnya sendiri diyakini ada di level 720p berdampingan dengan kamera Sony IMZ258 13MP di belakang dan sensor sidik jari.

Soal tampilkan, Xiaomi M2 SE diyakini bakal mewarisi desain sang senior, Xiaomi Mi 5. Di balik cover belakangnya bakal tersemat baterai berkapasitas 2.350mAh yang disertai dengan teknologi Quick Charge 3.0.

Hanya saja, bocoran ini terbilang “terlalu” lengkap untuk ukuran rumor baru. Bahkan, informasi harga Xiaomi M2 SE pun diketahui bakal dijual di kisaran $276. Berkaca pada pandangan itu, tampaknya kita tidak harus menelan bulat-bulat rumor ini.

Sumber berita Gizmochina dan gambar header Android-mt.