15 September 2016

by Bambang Winarso

Xiaomi Mi 5s Dipercaya Punya Teknologi Sensor Sidik Jari Canggih

Teknologi Sense ID merupakan teknologi sensor sidik jari yang mendukung berbagai material yang berbeda

Bocoran spesifikasi Xiaomi Mi 5s ternyata belum berhenti sampai pada jeroan, kamera, desain dan tanggal rilis. Meskipun pada kenyataannya, belum satupun dari rumor tersebut dapat menjamin sebagai informasi yang benar. Tapi hal itu tampaknya tak membuat spekulasi terkait punggawa Xiaomi tersebut.

Berdasarkan bocoran baru yang dilansir oleh PhoneArena dikatakan bahwa perangkat bakal menawarkan banyak peningkatan di berbagai tempat. Di depan misalnya, perangkat bakal membawa layar 5.15 inci yang mendukung fitur Force Touch. Tak Cuma itu, Xiaomi Mi 5s juga diyakini bakal dilengkapi dengan teknologi pemindai sidik jari ultranosic Sense ID yang dikembangkan oleh Qualcomm. Teknologi ini mempunyai kemampuan memindai pola sidik jari dalam bentuk 3D. Kelebihannya, ia dapat bekerja di permukaan berbagai material berbeda, seperti baca, safir, kaca dan bahkan plastik.

Sementara dapur pacunya dipercayakan pada chipset Snapdragon 821 yang merupakan chipset termutakhir.Chipset kemudian disempurnakan oleh kehadiran grafis Adreno 530, RAM 6GB LPDDR4 dan penyimpanan internal sebesar 256GB. Xiaomi juga diyakini bakal meracik varian lain dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal hanya seluas 64GB dan RAM 4GB dengan penyimpanan 128GB.

Di sektor kamera, Xiaomi Mi 5s tak kalah berkilau dengan bekal sensor 16MP di belakang. Kamera ini bukan kamera biasa karena dipersenjatai OIS 4 axis dan juga apreture f/1.8 serta fitur PDAF.

Sebagai pendukung, Xiaomi membenamkan komponen baterai sebesar 3.490mAh yang bakal memberi nafas kepada perangkat selama digunakan. Beruntung Xiaomi mungkin juga bakal menanamkan fitur Quick Charge yang memang selama ini jadi salah satu “jualan” perangkat berotak Snapdragon. Tak lupa, Mi 5s juga akan menawarkan port USB Tipe C, sensor sidik jari dan NFC yang akan mendukung sistem pembayaran mobile baru Xiaomi, Mi Pay.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header ilustrasi Xiaomi Redmi Pro.