15 December 2016

by Bambang Winarso

Xiaomi Siapkan Tablet Mi Pad 3 dengan Layar Lebih Lega?

Xiaomi Mi Pad 3 punya layar lebih lega, kamera lebih bening dan dukungan USB tipe C

Meskipun tak terlalu agresif, Xiaomi juga ikut bermain di segmen tablet lewat beberapa varian Mi Pad. Mi Pad generasi pertama lahir di tahun 2014 yang mengandalkan vidia Tegra K1. Setahun kemudian lahir Mi Pad 2 yang beralih ke prosesor Intel untuk melahap tugas kesehariannya. Anehnya, hingga tahun 2016 hampir usai Xiaomi tak juga meluncurkan tablet penerus Mi Pad 2. Tapi menurut bocoran terbaru, Xiaomi tampaknya sudah merancang sebuah tablet yang diyakini bakal menjadi pewaris jajaran Mi Pad.

Xiaomi Mi Pad 3 bocor dalam sebuah dokumen presentasi yang mengungkap banyak hal mulai dari spek layar, prosesor, RAM hingga kameranya. Kita mulai dari yang terdepan, komponen layar. Layar tablet Mi Pad 3 diyakini mempunyai ukuran 9.7 inci retina display dengan resolusi 2048 x 1536 piksel.

Layar yang jauh lebih lebar dari pendahulunya itu menuntut baterai yang juga lebih bertenaga. Xiaomi membenamkan baterai 8290mAh untuk mengimbangainya. Perangkat juga mendukung USB tipe C dan teknologi Quick Charge 3.0 untuk memenuhi kapasitas baterai dengan waktu yang singkat. Peningkatan juga dihadirkan di bagian dimensi, di mana Mi Pad 3 kini lebih ramping hanya 6.08mm dan bobot menjadi 380 gram.

Untuk menjaga performa, Xiaomi menjatuhkan pilihan ke prosesor generasi ke-7 Inte Core M (M3-7Y30) yang terintegrasi dengan grafis Intel HD 615 GPU dan dilengkapi dengan RAM 8GB serta memori seluas 128GB atau 256GB.

Tablet yang juga dilengkapi dengan sensor sidik jari membawa sepasang kamera masing-masing 16MP dan 8MP untuk bagian belakang dan depan. Sementara sistem operasi yang dibenamkan adalah Windows 10 yang bakal mengemas serta aplikasi MS Office dan dukungan Cortana.

Tak hanya bocoran spesifikasi, dokumen juga membeberkan harga jual Mi Pad 3 yang diperkirakan di kisaran $289 untuk varian 128GB dan $333 untuk varian 256GB. Sedangkan tambahan keyboard dock diharga di kisaran $14. Mi Pad 3 dispekulasikan bakal resmi diperkenalkan pada tanggal 30 Desember 2016.

Sumber berita Gizmochina.