Categories

Gadget

Xiaomi Perkenalkan Laptop Gaming Berdesain MacBook

Mi Gaming Laptop telah memenuhi hampir seluruh kriteria perangkat gaming nomaden modern.

Yoga Wisesa - 28 March 2018

Ketika mendarat di Indonesia lewat peluncuran Redmi 1S, Xiaomi sempat menjelaskan bahwa pada dasarnya mereka ialah perusahaan software. Tapi ambisi ekspansi Xiaomi mulai terlihat dalam pelepasan Redmi 4A. Di sana, mereka juga memamerkan beragam perabotan rumah tangga pintar hingga mainan robot modular. Kali ini, Xiaomi resmi bermain di ranah yang dihuni oleh Alienware dan Razer.

Dalam peluncuran Mi Mix 2S di Shanghai kemarin, produsen consumer electronics asal Beijing itu turut memperkenalkan laptop gaming pertamanya. Xiaomi memberinya nama sederhana, yakni Mi Gaming Laptop. Langkah perusahaan masuk ke ranah PC sebelumnya dilakukan lewat pengenalan Mi Notebook Air di bulan Agustus 2016. Mi Gaming Laptop sendiri mempunyai banyak kesamaan elemen desain dengan pendahulunya itu.

Mi Gaming Laptop 1

Mi Gaming Laptop merupakan notebook berlayar 15,6-inci ‘wide color gamut‘. Menakar dari fitur serta gambar yang telah dipublikasikan, ia sudah memenuhi hampir seluruh kriteria perangkat gaming nomaden modern. Xiaomi memang belum menyingkap detail ukurannya, namun Mi Gaming Laptop terlihat ramping, apalagi dengan pemanfaatan bezel tipis yang dibarengi oleh keyboard tenkeyless. Menariknya, sang produsen masih bisa membenamkan sebaris tombol macro di sisi kiri tubuhnya.

Xiaomi tak lupa mengimplementasikan pencahayaan RGB backlight di keyboard, walaupun saya belum dapat memastikan apakah sistem lighting-nya per-key atau sekadar zona. Bagian ini diklaim sebagai papan ketik kelas gamer pro, turut dibekali sistem anti-ghosting N-key rollover. Mi Gaming Laptop katanya juga sudah memperoleh sertifikasi Dolby Sound dan high resolution audio dari Sony.

Untuk menangani game, Xiaomi mengandalkan kemampuan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1060 dan prosesor Intel Core i7 generasi ketujuh. Lalu sebagai ruang penyimpanan, laptop menggunakan kombinasi SSD 256GB dan hard drive 1TB. Selain itu, Xiaomi turut menggarisbawahi pemakaian sistem pendingin ‘high-power‘  yang bisa diaktifkan dengan menekan hotkey.

Solusi pembuangan panas yang efektif memang sangat krusial untuk laptop-laptop berdesain ultra-thin, namun saya belum melihat ada kata Max-Q disebutkan. Xiaomi akan menjajakan varian dengan RAM 16GB seharga ¥ 9.000 atau sekitar US$ 1.440, serta menawarkan versi ‘lebih terjangkau’ dengan GPU GTX 1050 – harganya turun ke angka ¥ 6.000 (kira-kira US$ 959).

Dengan meluncurkan ‘ultrabook gaming‘ 15-inci, Xiaomi terlihat percaya diri berkecimpung di segmen PC gaming portable yang paling ramai. Perusanaan berencana untuk mulai memasarkan Mi Gaming Laptop pada tanggal 13 April nanti di kawasan Tiongkok.

Via TheNextWeb. Sumber: MIUI.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id