Gadget

Xiaomi Redmi Y1 dan Redmi Y1 Lite Resmi Diumumkan, Jago Selfie dan Membawa MIUI 9

Kedua smartphone mempunyai beberapa perbedaan, mulai dari jeroan hingga kamera

Pasar India kembali jadi pilihan pertama Xiaomi untuk meluncurkan smartphone barunya. Kali ini, pabrikan asal Tiongkok itu merilis dua buah model Redmi yang dinamai Redmi Y1 dan Redmi Y1 Lite.

Jika digali lebih dalam, spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 dan Redmi Y1 Lite hampir sama dengan model Redmi Note 5A dan Redmi Note 5A Prime yang diluncurkan pada bulan Agustus lalu di Tiongkok. Tapi mari kita ulas lebih seksama spesifikasi masing-masing model, barangkali ada perbedaan yang tidak terlihat.

Spesifikasi Redmi Y1

Xiaomi Redmi Y1 mempunyai fitur menonjol di bagian kamera depan yang mengemas sensor 16MP. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan LED selfie-light untuk membantu mendapatkan jepretan selfie di kondisi pencahayaan yang rendah. Xiaomi juga membenamkan fitur Beautify 3.0 ke dalamnya, lagi-lagi untuk membantu memperoleh foto selfie yang cantik. Sedangkan di belakang perangkat duduk kamera utama dengan resolusi 13MP yang sudah dilengkapi PDAF dan led Flash.

Smartphone dengan bekal MIUI 9 dan sensor sidik jari di belakang ini menawarkan interface lega berupa layar 5,5 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel. Lapisan kaca Corning Gorilla Glass menjadi garda terdepan yang melindungi layar dari goresan dan benturan. Sedangkan dapur pacunya menggunakan Snapdragon 435 yang mengemas prosesor delapan inti bersama dengan RAM 3GB.

Di peluncuran ini, Xiaomi Redmi Y1 baru tersedia dalam dua varian memori internal, yakni RAM 3GB + 32GB  dan RAM 4GG + 64GB yang masih bisa diperluas dengan memori eksternal tambahan sampai dengan 128GB. Selain 4G LTE, smartphone juga dilengkapi baterai 3.080mAh yang cukup bertenaga.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite

Sesuai namanya, Redmi Y1 Lite mempunyai spesifikasi yang sedikit lebih rendah ketimbang model pertama di atas. Layar perangkat masih seluas 5,5 inci dengan resolusi HD. Namun dapur pacunya turun dengan menggunakan Snapdragon 425 yang hanya mengemas empat inti prosesor. Kapasitas memorinya juga bisa diperluas dengan memori tambahan, namun kamera depan turun hanya beresolusi 5MP sedangkan kamera utamanya 13MP tetap dipertahankan. Baterai dan juga sejumlah fitur konektivitas Redmi Y1 Lite sama dengan model standar. Smartphone juga sudah mendukung IR Blaster.

Harga

Untuk harganya, Xiaomi Redmi Y1 varian 3GB + 32GB dijual seharga $139, kemudian varian 4GB + 64GB di kisaran $170. Sedangkan untuk model Redmi Y1 Lite dijual lebih terjangkau di kisaran $110. Di India, keduanya sudah bisa dibeli mulai pekan depan.

https://youtu.be/aExQ7AHOLpc

Sumber berita MIUI.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter