1. Startup

Zynga dihargai $10 Milyar, dikabarkan persiapkan IPO

Zynga mungkin bisa menjadi perusahaan social gaming paling fenomenal dengan produk-produk yang luar biasa laris seperti CityVille, Farmville, MafiaWars, Zynga Poker dan game lainnya yang tidak kalah populer. Perusahaan gaming yang dipimpin oleh Mark Pincus ini-pun melejit sebagai salah satu perusahaan game terbesar dan profitable di dunia, bahkan sempat menjadi salah satu partner spesial di event Apple Developer Conference.

Kabar terbaru dari perusahaan ini adalah mereka sedang negosiasi untuk raise funding dari beberapa investor termasuk diantaranya Morgan Stanley, T. Rowe Price, Fidelity Investments dan investor sebelumnya Kleiner Perkins Caufield & Byers yang juga ikut terlibat. Proses funding ini-pun tidak tanggung-tanggung, Zynga dikabarkan akan mencairkan dana sebesar $500 juta yang secara total akan menempatkan Zynga di valuasi $10 milyar - hampir sama dengan valuasi Twitter. Sebelumnya Zynga sendiri sudah mencairkan dana investasi dari investor sebelumnya yaitu SoftBank, Google, Andreessen Horowitz dan DST Global.

Tersebar rumor juga bahwa round investasi ini merupakan awalan dari rencana Zynga untuk go public (IPO) awal tahun 2012 mendatang, apalagi dengan langkah Zynga meng-hire Devid Wehner, seorang bankir investasi yang makin meluapkan spekulasi bahwa perusahaan gaming tersebut mulai bersiap untuk IPO. Namun Pincus dan jurubicara Zynga masih menolak untuk berkomentar masalah spekulasi IPO ini, sepertinya Zynga sendiri masih memiliki tugas untuk membuktikan kepada dunia (dan kepada investornya) bahwa mereka tidak 100% bergantung kepada platform Facebook yang mendasari strategi Zynga untuk masuk ke mobile gaming dengan diluncurkannya FarmVille for iPhone tahun kemarin.

Facebook memang merupakan platform krusial bagi Zynga yang di masa awalnya menggunakan Facebook dan MySpace sebagai sarana menggaet pengguna social gaming yang kala itu masih merupakan hal yang baru di mata pengguna. Setelah sukses merilis beberapa game di platform Facebook, kini Zynga sudah sepatutnya khawatir jika harus 100% bergantung pada Facebook.

Sejauh ini Zynga sendiri sudah amat sangat profitable, bahkan sudah melakukan 9 akuisisi 9 bulan terakhir dan memiliki ketertarikan khusus di Asia dan sampai sekarang memiliki hampir 1500 karyawan di seluruh penjuru dunia.

foto : Fast Company

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again