LINE Indonesia telah menyelenggarakan final kompetisi chatbot yang merupakan salah satu kompetisi yang dilombakan dalam ajang LINE Creativate 2018 bertema ‘BANGGA INDONESIA’. Kompetisi Chatbot yang menghadirkan 5 (lima) kategori, yakni Hiburan (Fun), Produktivitas (Productivity), Wawasan (Knowledge), Pelajar (Student), dan Prototipe (Prototype) memilih pemenang pertama pada kategori Fun, Ica Ica, sebagai pemenang utama yang berhak mengikuti putaran final LINE BOOT Awards 2018 di Jepang. Pada ajang LINE BOOT Awards 2018, Ica Ica pun menerima penghargaan tertinggi dengan terpilih sebagai Grand Prize Winner bersama dengan Toubans yang mendapatkan skor penilaian yang sama.

“Melalui kompetisi chatbot di LINE Creativate 2018 kami tidak hanya ingin memberikan kesempatan kepada seluruh pengembang di Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan bakat mereka melalui karya chatbot yang dapat menunjang kehidupan masyarakat tetapi juga ingin menyediakan peluang agar pengembang kita bisa bersaing dalam skala global,” kata Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia. “Pada ajang LINE BOOT Awards 2018, Ica Ica berhasil terpilih sebagai penerima Grand Prize Winner sehingga hal ini membuktikan jika pengembang lokal di Indonesia pun memiliki kapasitas untuk bersaing dengan pengembang-pengembang lain dalam skala internasional,”

LINE BOOT Awards 2018 merupakan kompetisi para pengembang dengan menggunakan LINE Messaging API yang bertujuan untuk menghasilkan serangkaian layanan komunikasi baru. Berbagai layanan baru yang dihasilkan diharapkan dapat disukai oleh banyak orang, sehingga mampu menciptakan komunikasi dan memperkaya interaksi antara manusia dengan informasi dan layanan-layanan lainnya.

LINE BOOT Awards 2018 mengundang para pengembang, baik yang berasal dari perusahaan, kelompok, maupun individu untuk mengembangkan chatbot yang dapat bermanfaat bagi penggunanya di berbagai kategori. Adapun sejumlah kategori yang diusung di ajang ini adalah Family, Casual, Student, Business/Work, Group, Home Hacking, dan Engineer. Bagi penerima Grand Prize Winner, ajang ini menghadiahkan uang tunai yang mencapai 10 juta Yen.

Pada ajang ini, Ica Ica harus bersaing dengan 1125 chatbot yang berasal dari Jepang, Thailand, Taiwan, dan Indonesia. Ica Ica adalah LINE chatbot yang dikembangkan oleh Perdy Ferdiansyah dan Nessa Ramadan yang bertujuan untuk menghibur serta menghilangkan kebosanan pengguna dengan tujuan mencari teman atau jodoh.

Ica Ica memiliki sejumlah fitur menarik, seperti Cari Jodoh, Family 100, Cari Kata, Tebak Kata, Adu Penalti, Sambung Kata, dan Tebak Lagu. Hingga saat ini Ica Ica telah digunakan oleh lebih dari 1,2 juta pengguna. Tidak hanya itu, Ica Ica juga menyediakan fitur leaderboard sehingga mendorong penggunanya untuk berkompetisi menjadi yang terbaik pada gim di dalam chatbot ini. Hal yang mengejutkan dari Ica Ica adalah cara monetisasi chatbot dengan menawarkan iklan serta fitur-fitur premium di dalamnya. Adapun pemasukan Ica Ica kini telah melebihi biaya operasionalnya.

LINE memiliki misi Closing the Distance yang bertujuan untuk mendekatkan jarak antara manusia dengan berbagai layanan dan informasi. Kompetisi chatbot pada LINE Creativate 2018 dan LINE BOOT Awards menjadi bentuk nyata di mana LINE ingin memangkas jarak antara para pengembang lokal yang memiliki kemampuan untuk berkarya lebih baik lagi dengan memberikan ruang agar mereka bisa mengembangkan potensi dan bakat yang dimilikinya demi kehidupan pengguna yang lebih beragam.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again