Categories

Bank Hana Salurkan Rp100 Miliar kepada Kredit Pintar

DailySocial Newswire - 6 April 2021

JAKARTA, 5 April 2021 – PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) dan PT Kredit Pintar Indonesia (Kredit Pintar) melakukan peresmian simbolis kerja sama loan channeling sebesar Rp100 miliar. Dana ini disalurkan kepada pengguna yang memiliki keterbatasan akses layanan keuangan (underbanked), namun membutuhkan pinjaman cepat jangka pendek. Kerja sama yang telah berjalan sejak September 2020 ini merupakan bukti bahwa kolaborasi antara korporasi dengan fintech company (financial technology), khususnya peer-to-peer (P2P), dapat membantu mendorong inklusi keuangan masyarakat Indonesia di tengah masa pandemi.

Chief Consumer Banking Officer Bank Hana, Anton Hermawan, mengungkapkan bahwa kolaborasi dengan Kredit Pintar menjadi momentum baik bagi korporasi untuk menjawab tantangan perbankan konvensional dalam menjangkau kelompok masyarakat underbanked dan underserved, yaitu mereka yang memiliki keterbatasan akses, serta belum terjangkau oleh layanan keuangan konvensional.

“Melalui kolaborasi dengan Kredit Pintar, kami optimis penyaluran dana dapat dimanfaatkan oleh pengguna yang benar-benar membutuhkannya,” ujar Anton. “Kemitraan dengan fintech P2P Lending merupakan bisnis model baru bagi Bank, oleh karenanya prinsip kehati-hatian dalam pemberian pinjaman perlu diterapkan dengan lebih ketat. Rekam jejak yang baik serta integritas yang tinggi dari Kredit Pintar dalam pemrosesan pinjaman, mulai dari pengajuan hingga persetujuan, menjadi salah satu alasan kami menyambut baik dan mendukung kerjasama ini.”

Sejak awal kemunculannya di 2016, Industri fintech telah tumbuh pesat dalam membantu mendorong inklusi keuangan di Indonesia dengan melayani lebih banyak masyarakat yang sebelumnya tidak tersentuh oleh layanan keuangan formal. Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada 2019, tingkat inklusi keuangan Indonesia pada 2019 mencapai 76,19%, meningkat cukup pesat sejak kebangkitan fintech bila dibandingkan dengan 2017 dimana tingkat inklusi keuangan hanya kurang dari 50%.

Direktur Kredit Pintar, Wisely Wijaya, menyatakan bahwa kolaborasi dengan Bank Hana merupakan perwujudan kepercayaan akan kinerja perusahaan dalam menyediakan akses mudah untuk pinjaman jangka pendek.

“Kredit Pintar menyambut baik dukungan Bank Hana dalam menyalurkan pinjaman lebih luas kepada masyarakat underbanked dan underserved di Indonesia. Kami yakin bahwa pinjaman sebesar Rp100 miliar ini akan mampu menjangkau masyarakat yang sungguh-sungguh membutuhkannya,” ungkap Wisely Wijaya.

Berdasarkan data Kredit Pintar pada Maret 2021, secara akumulatif Kredit Pintar telah menyalurkan pinjaman sebanyak Rp14 triliun sejak didirikan, kepada lebih atau kurang dari dua juta peminjam. Kredit Pintar memiliki lebih atau kurang dari 650 ribu peminjam aktif, dengan kisaran total pinjaman tahun ini dari Rp648 miliar dan total pinjaman yang belum dibayar Rp996 miliar.

Kredit Pintar menawarkan pinjaman tunai tanpa jaminan. Proses pengajuan pinjaman dapat dilakukan melalui aplikasi Kredit Pintar yang dapat diunduh pada Google Play Store secara daring (online) melalui ponsel. Sebagai persyaratan pengajuan pinjaman, Kredit Pintar mengharuskan pengguna untuk mengisi data diri sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pengguna hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit untuk mengajukan pinjaman. Jika pengajuan pinjaman disetujui, dana akan dikirim langsung ke rekening pengguna.

***

Tentang PT Bank Hana Indonesia:

PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) merupakan bank umum devisa yang fokus melayani segmen nasabah Usaha Kecil dan Menengah, korporasi, serta ritel. Dalam bahasa Korea, Hana berarti “yang pertama”. Untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan pelayanan yang cepat serta mengutamakan kenyamanan nasabah, Bank Hana berkomitmen untuk terus meningkatkan inovasi di bidang perbankan digital. Nasabah dapat memanfaatkan berbagai layanan digital Bank Hana, termasuk: My Hana Mobile Banking, My Hana Internet Banking, serta Corporate Banking System. Bank Hana memiliki cakupan wilayah yang luas di Indonesia dengan adanya kantor cabang serta jaringan ATM yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi. Didukung oleh sinergi dari Hana Financial Group sebagai salah satu perusahaan keuangan terkemuka dan terbesar di Korea Selatan, Bank Hana juga menyediakan jaringan global yang luas dengan standar layanan internasional. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: www.hanabank.co.id

Tentang Kredit Pintar:

PT Kredit Indonesia adalah perusahaan fintech (financial technology) P2P Lending yang memiliki visi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia melalui penyediaan akses yang mudah untuk mendapatkan pinjaman jangka pendek dan mulai beroperasi sejak tahun 2018. Dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) terdepan, Kredit Pintar ingin bekerja sama dengan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan Indonesia. Kredit Pintar telah berizin, terdaftar dan diawasi oleh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hingga saat ini, Kredit Pintar telah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan 1,5 juta ulasan pelanggan di Google Play Store dan memiliki penilaian bintang 4.8 dari 5.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.