1. Startup

Aplikasi Mobile DailySocial Untuk Platform Meego

Beberapa hari yang lalu, ada dua buah Tweet menarik dari Narenda Wicaksono (Developer Operation Manager di Nokia) dan Andri Yadi (Founder dan CEO dari Dycode), yaitu tentang aplikasi mobile DailySocial untuk platform Meego yang dikembangkan oleh Dycode. Mungkin para pembaca DailySocial juga sudah tahu bahwa platform Meego digunakan di Nokia N9, dan itu adalah produksi pertama dan terakhir Nokia untuk ponsel high-end dengan platform ini.

Jujur saja saya belum memiliki ponsel Nokia N9, namun dengan melihat video aplikasi ini demo oleh Andri di Youtube, saya sendiri merasa sangat terkesan dengan aplikasi yang dikembangkan Dycode ini. Namun aplikasi ini hanya mengambil rss feed dari DailySocial.net/EN, akan tetapi dapat saya katakan “it's really awesome app!”

Dari keterangan video di Youtube tersebut, aplikasi ini masih dalam taraf pengembangan, akan tetapi Andri Yadi menjelaskan bahwa sudah menjejaki versi beta, jika setelah dilakukan test oleh para early adopter dan ternyata tidak ada bugs dan tidak ada feedback perbaikan/penambahan feature, statusnya akan dinaikkan menjadi release candidate (RC). Setelah RC, nantinya akan ada final test, setelah itu akan di submit. Dan rencana submit ke Nokia Store rencananya minggu depan kira-kira hari Rabu - Jumat.

Mengapa memilih platform Meego untuk mengembangkan aplikasi mobile DailySocial? Andri juga menjelaskan bahwa platform ini sungguh mengagumkan, hanya dengan Qt dan QML (terutama karena QML), development menjadi mudah. Dengan adanya QML Components untuk MeeGo, development menjadi semakin mudah dan konsisten, karena sudah banyak control/library UI yang siap pakai. Karena native dan standard UI yang clean dan ringan, aplikasi yang dihasilkan juga ringan dan ukuran file-nya cukup kecil. Filesize aplikasi DS hanya kurang dari 100KB. Ia juga menambahkan bahwa tidak perlu designer handal untuk dapat membuat aplikasi keren dan usable. Tinggal pintar-pintar di User Experience saja.

“Saya sebenarnya bingung mengapa Nokia masih melirik Windows Phone 7, padahal MeeGo sudah sangat powerful dan berpotensi makin powerful”, jelas Andri Yadi. Andri juga menegaskan bahwa alasan lain karena memang aplikasi di platform ini masih sedikit, terutama aplikasi lokal. Apalagi aplikasi untuk DS yang memang belum ada. Mudah-mudahan ini bisa menjadi kontribusi Dycode ke pembaca DS dan startup. Bagi para pembaca DailySocial yang mempunyai device Nokia N9 dan ingin mencoba aplikasi DailySocial buatan Dycode ini, dapat menghubungi Andri Yadi melalui akun Twitternya @andri_yadi. Oh ya, aplikasi di Meego ini melengkapi akses mobile atas DailySocial yang juga memiliki aplikasi di platform lain seperti Windows Phone 7, Android dan Nokia.

So, selamat menikmati DailySocial di perangkat mobile anda! ;)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again