1. Startup

Dua Pilihan URL Shortener dari HootSuite

Setelah meluncurkan fitur yang berhubungan dengan kolaborasi tim, kini HootSuite melakukan sedikit tambahan pada fasilitas URL shortener mereka.

Jika anda pengguna HootSuite atau relasi anda ada yang menggunakan HooSuite, mungkin anda sering membuka link yang berasal dari URL shortener HootSuite dan merasa terganggu dengan social bar yang muncul ketika anda membuka link tersebut.

Social Bar pada HootSuite ini berisi berbagai fitur seperti tab re-tweet, share, keterangan rating link, akses cepat ke berbagai situs seperti Digg, Reddit, Delicious, Facebook dan lain-lain, serta bar search untuk mencari konten dari Twitter.

Bagi user, termasuk beberapa kenalan saya, merasa social bar ini cukup mengganggu, karena terkadang mereka hanya ingin membuka langsung link yang ada di tweet yang menurut mereka menarik, fitur-fitur lain seperti re-tweet dan kolom search bisa mereka gunakan langsung di Twitter atau Twitter client yang mereka gunakan.

Namun di sisi lain, social bar ini cukup berguna bagi pemilik akun, atau mereka yang menggunakan HootSuite sebagai pendukung kegiatan profesional mereka, karena bar ini dilengkapi dengan fitur marketing, termasuk keterangan rating link, serta fasilitas yang memungkinkan penyebaran konten bisa lebih cepat lagi.

Namun, kini HootSuite meluncurkan pilihan yang akan memuaskan dua sisi user, penikmat konten dan pembuat konten. HootSuite kini memberikan dua pilihan URL shortener bagi user mereka, yang satu bernama ow.ly yang satu lagi ht.ly.

User, terutama pembuat atau penyebar konten bisa memilih untuk menggunakan ow.ly yang merupakan shortener link yang bebas social bar, jadi mirip URL shortener lain seperti bit.ly yang langsung mengarahkan user pada halaman yang url-nya dipendekkan.

Sedangkan ht.ly, merupakan URL shortener yang dilengkapi dengan social bar, dengan fasilitas yang telah disebutkan diatas, serta pilihan untuk opt-out, untuk menghilangkan social bar dari hasil link yang dipendekkan.

Pilihan dua URL shortener ini akan muncul ketika pertama kali user membuka kembali akun HootSuite mereka, dan ketika memilih akan menggunakan salah satu URL shortener tertentu, maka fitur ini nantinya akan menjadi default shortener link, meskipun user bisa merubahnya lewat pilihan Setting lalu klik Preferences.

Selain itu HootSuite juga akan mempersiapkan untuk meluncurkan ow.ly/Pro yang merupakan layanan custom URL shortener untuk para pemilik bisnis yang ingin membeli URL dengan nama tertentu, biasanya dikaitkan dengan nama brand mereka agar lebih mudah dikenali oleh konsumen.

Persaingan di social network client yang rata-rata berfokus pada Twitter memang memasuki babak baru, setelah beberapa 'kehebohan' yang dilakukan Twitter serta konferensi developer mereka Chirp, maka peluncuran layanan-layanan seperti yang dilakukan HootSuite ini memang harus terus dilakukan agar layanan mereka tetap relevan untuk digunakan oleh user selain dari Twitter versi web.

Anda pengguna HootSuite? Atau anda pengguna layanan social network client lain, atau bahkan developer yang mengembangkan aplikasi berdasarkan Twitter, bagaimana pendapat anda apakah fitur baru ini, apakah akan membuat HootSuite tetap relevan dipersaingan antar social network client? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again