1. Startup

UrbanIndo Tambahkan Tiga Fitur Baru

Terakhir kali kami meliput UrbanIndo saat mendapatkan pendanaan pada bulan Mei lalu, UrbanIndo sempat menyebutkan rencananya untuk mengembangkan fitur UrbanIndo Pick. Kini akhirnya fitur tersebut sudah bisa dinikmati oleh pengguna dan pengunjung UrbanIndo. Tidak hanya itu, UrbanIndo juga merilis dua fitur lainnya, yakni fitur Rating Lingkungan dan fitur Rekomendasi Wilayah.

Fitur UrbanIndo Pick adalah fitur untuk menampilkan daftar properti-properti yang dipilih oleh tim UrbanIndo setiap minggu. Menurut press release yang kami terima, properti-properti ini dipilih berdasarkan kriteria dan algoritma khusus yang akan menghasilkan daftar properti yang dinilai sebagai penawaran terbaik di kelasnya pada minggu tersebut.

Sementara, dengan fitur Rating Lingkungan, pengunjung bisa melihat rating dari sebuah properti yang dikaitkan kriteria-kriteria yang diyakini oleh UrbanIndo sebagai kriteria penting dalam mengambil keputusan investasi properti. Dari ujicoba saya di situs UrbanIndo langsung, kriteria-kriteria ini mencakup ketersediaan fasilitas pendidikan (TK, SD, SMP, SMA, Universitas), ketersediaan fasilitas hiburan, ketersediaan akses ke jalan tol, ketersediaan transportasi umum, hingga tingkat rawan banjir dan kriminalitas.

Jika pengunjung memilih salah satu dari kriteria yang ada di fitur Rating Lingkungan ini situs UrbanIndo kemudian akan menampilkan detil penilaian berdasarkan kriteria tersebut. Dalam contoh pada gambar di atas, saya memilih kriteria universitas. Situs UrbanIndo memberi detil universitas-universitas apa saja yang berada di sekitar properti beserta jaraknya dari properti tersebut.

Terakhir, fitur Rekomendasi Wilayah bekerja mirip dengan fitur pencarian properti. Hanya saja, fitur ini tidak mengeluarkan hasil berupa daftar properti yang memenuhi kriteria pencarian. Alih-alih, fitur ini mengeluarkan daftar wilayah yang sesuai dengan kriteria tersebut. Menurut saya fitur ini cukup menarik mengingat pengalaman saya sendiri mencari properti memang lebih mudah jika sudah ada gambaran wilayah mana saja yang cocok dengan kriteria saya. Meskipun dari pengalaman saya menggunakan secara langsung, ternyata fitur rekomendasi wilayah ini tidak bisa menemukan wilayah yang sesuai dengan kriteria yang saya inputkan, meskipun saya sudah memasukkan angka penghasilan dan uang muka yang menurut saya sudah cukup tinggi serta hanya menginputkan kriteria "dekat dengan transportasi umum".

Menurut saya, tiga fitur ini merupakan tambahan yang baik bagi UrbanIndo. Mengingat cukup banyaknya situs properti yang ada di Indonesia, tentunya UrbanIndo berharap fitur-fitur yang dimilikinya bisa memberi keunggulan kompetitif dibandingkan situs properti lainnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again