GoTo Ambil Alih Bisnis Pergudangan Milik Tokopedia "Swift Logistics"
Melalui anak usahanya PT Paket Anak Bangsa (GoSend) membeli saham baru senilai Rp583,12 miliar
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO) mengumumkan penyertaan saham baru dalam rangka pengambilalihan PT Swift Logistics Solutions (SLS). Transaksi ini dilakukan melalui anak usaha GOTO, PT Paket Anak Bangsa (PAB) atau GoSend, yang membeli saham baru senilai Rp583,12 miliar.
Sekretaris Perusahaan GOTO R. A. Koesoemohadiani menuturkan PAB merupakan anak perusahaan yang dimiliki sekurang-kurangnya sebesar 99% oleh GOTO. SLS merupakan anak perusahaan yang sahamnya dimiliki GOTO sebesar 67%. "Transaksi tidak berdampak merugikan terhadap keuangan Perseroan," ucapnya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI).
Dalam keterbukaan, perseroan juga menyampaikan alasan di balik transaksi ini adalah untuk melakukan reorganisasi dan konsolidasi struktur grup.
Setelah transaksi ini, struktur pemegang saham di SLS otomatis berubah. PAB menguasai 99,44%, kepemilikan SGT terdilusi menjadi 0,38%, dan sisanya dimiliki PT Garda Jaya Sejahtera sebanyak 0,18%. GOTO menguasai saham secara tidak langsung pada SLS, melalui PAB dan SGT dengan total 99,81%.
Sebagai informasi, Swift Solutions merupakan anak usaha Tokopedia di bidang logistik yang menawarkan solusi pergudangan dan pengiriman. Dalam prospektus GOTO, SLS diakuisisi oleh Tokopedia, melalui PT Semangat Gerak Tangkas (SGT), pada 2021. SGT melakukan penyertaan saham sebesar 67% di SLS.
Tak hanya SLS, Swift juga memiliki anak usaha lainnya, yakni PT Swift Shipment Solutions (SSS) dan PT Swift Enabler Solutions (SES). Keduanya juga diakuisisi oleh SGT dan kini menjadi bagian dari Grup GoTo. SLS mengoperasikan Dilayani Tokopedia, yang sebelumnya dikenal dengan nama TokoCabang.
Orang-orang di balik SLS adalah pendiri Sorabel, startup e-commerce yang gulung tikar pada Juli 2020. Salah satunya adalah Samuel Simanjuntak yang kini menjabat sebagai CEO dan Co-Founder SLS.
Survei GoSend
Mengutip dari Katadata, menurut survei yang diselenggarakan oleh INDEF, mayoritas pedagang online di Indonesia menggunakan layanan logistik online dari aplikasi Gojek, yaitu GoSend. Layanan ini dipilih oleh 64% responden, kemudian lainnya menggunakan layanan milik Grab (42,19%), Shopee Express (28,13%), Lalamove (18,75%), AnterAja (10,94%), Ninja Express (7,81%), dan Deliveree (5,47%).
"GoSend dinilai sebagai layanan logistik online yang memberikan kemudahan penggunaan aplikasi, serta paling mendukung produktivitas penjual dengan menghadirkan pelayanan yang paling efisien. GoSend juga menjadi layanan logistik online yang paling memberikan rasa aman bagi penggunanya di atas rata rata kepuasan industri," kata INDEF dalam laporannya.
Secara umum, INDEF menemukan layanan logistik online di Indonesia terus tumbuh seiring dengan perkembangan tren belanja daring lewat e-commerce, media sosial, ataupun media lainnya.
More Coverage:
"Sebagian besar responden pengguna layanan logistik online (61%) mengaku menggunakan platform pesan instan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, dan lainnya dalam melakukan penjualan produk."
Survei ini dilakukan INDEF pada periode Agustus-September 2022 di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Total responden berjumlah 1.152 orang dari kalangan pedagang yang memanfaatkan layanan logistik online untuk mengirim barang. Sebanyak 41% responden merupakan laki laki dan 59% perempuan.
Mayoritas responden berusia antara 18-29 tahun (45,83%) dan 30-41 tahun (41,67%), dengan pendapatan per bulan rata rata Rp2,5 juta-Rp5 juta (31,58%) dan Rp5 juta-Rp10 juta (28,95%).