Telkomsel Hadirkan Layanan M2M untuk Bisnis di Indonesia
Telkomsel hadirkan layanan terbarunya untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia bertransformasi dari yang hanya menjadi product oriented company, menjadi product and services company dengan solusi M2M Telkomsel. M2M (Machine to Machine) yang dikembangkan Telkomsel ini didukung oleh Telkomsel M2M Control Center dan Telkomsel M2M Application Platform.
Diutarakan oleh Alfian Manullang selaku General Manager Enterprise Business Telkomsel di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Rabu 25 Juni 2014 lalu dalam acara Asia M2M Business Platform, Telkomsel M2M Control Center ini memudahkan perusahaan untuk menjalankan, mengelola, dan memonitor connected device yang dimiliki. Sedangkan Telkomsel M2M Application Platform memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan device, mengimplementasikan, dan mengelola device serta informasi dari connected device berbasiscloud, sehingga pelaku usaha dapat memantau apa yang terjadi di lapangan tanpa haru datang ke tempat tersebut.
Asia M2M Business Platform sendiri merupakan acara tahunan bagi industri M2M di Asia untuk mendiskusikan perkembangan sektor M2M, pertukaran informasi dan membangun hubungan bisnis yang strategis.
“Dengan solusi M2M, pelanggan Telkomsel dapat mengelola bisnis mereka, dimanapun dan kapanpun. Hal ini akan membantu pelanggan korporat kami untuk mengembangkan bisnisnya dalam hal efisiensi waktu, monitoring dan controlling.” ujar Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Edward Ying.
Solus M2M ini cukup tepat sasaran untuk diluncurkan di Indonesia, karena berbagai sektor industri berangsur-angsur mengusung teknologi terbarukan, baik teknologi mobile ataupun clouduntuk memaksimalkan performa produksi, terutama dalam kaitannya sebagai media komunikasi dan kolaborasi. Dengan solusi M2M akan banyak memberikan efektifitas bagi perusahaan, baik dari sisi biaya ataupun peningkatan layanan.
Solusi M2M juga memungkinkan perusahaan untuk mengetahui informasi aset perusahaan yang dimiliki, karena perusahaan dapat mengontrol secara realtime perangkat-perangkat tersebut melalui Control Center.
Layanan M2M Telkomsel dapat menjadi pilihan karena seperti diketahui jaringan telkomsel cukup luas di Indonesia, sehingga akan memberikan kualitas layanan yang baik, terlebih Telkomsel juga mendesain simcard khusus untuk M2M Telkomsel sehingga dipastikan akan ada prioritas tertentu yang ditawarkan.
Adapun target pelanggan M2M Telkomsel adalah System Integrator (SI) dan pelanggan enterprise dengan fokus pada tiga industri vertikal yaitu industri otomotif, layanan keuangan, serta perusahaan yang menyediakan layanan ulitilas. Paket Developer Kit Telkomsel terdiri atas empat kartu SIM M2M, paket data 50MB dan 100 SMS per kartu SIM card/bulan selama tiga bulan, sehingga pelanggan dapat melakukan uji coba dengan leluasa.
[Gambar: Shutterstock]
Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DSenterprise dan ditulis oleh Randi Eka Yonida.